Fesenjan, Hidangan Persia Khas Ramadhan

By Putri Puspita, Selasa, 20 Juni 2017 | 06:10 WIB
Fesenjan Khas Persia. Foto: persianmama.com (Putri Puspita)

Pada bulan Ramadhan, banyak sajian hidangan unik untuk berbuka puasa atau sahur. Nah, di Iran, ada salah satu hidanga khas Ramadhan bernama Fesenjan.

Persia

Fesenjan atau yang juga dikenal dengan nama khoresh-e fesenjan atau fesenjoon menjadi hidangan istimewa khas Ramadan di negara Persia, terutama Iran dan Irak. Bentuk makanan ini hampir sama dengan kaldu kental yang dibuat dari sirup delima dan kenari.

Rasa yang nikmat

Fesenjan terbuat dari kaldu Unggas seperti bebek atau ayam, biasanya ayam yang digunakan adalah ayam Persia. Selain ayam, orang-orang di wilayah Iran utara biasa memasaknya menggunakan daging bebek atau entok. Makanan ini dimasak dengan saus delima merah dan kacang walnut Sausnya kental dan kaya rasa, cenderung manis asam.

Dihidangkan bersama polo

Fesenjan dihidangkan bersama dengan polo atau chelo yaitu nasi putih khas negara Persia. Fesenjen biasanya dijadikan menu makanan utama, karena memiliki tekstur dan rasa yang cenderung tajam.

Fesenjan merupakan makanan yang tahan lama. Uniknya, cita rasa fasenjan dapat meningkat saat dihidangkan sehari setelah dimasak.