Apa Fungsi ‘Tanduk’ Paus Narwhal?

By willa widiana, Selasa, 20 Juni 2017 | 06:00 WIB
Apa Fungsi ‘Tanduk’ Paus Narwhal? (willa widiana)

Narwhal termasuk paus yang unik. Di bagian kepalanya tumbuh sebuah ‘tanduk’ yang mirip dengan tanduk unicorn. Tahukah kamu, apa fungsi ‘tanduk’ paus narwhal itu?

Berburu ikan

Beberapa waktu lalu, para peneliti melakukan penelitian dengan drone. Di dalam video penelitian itu, paus narwhal menggunakan ‘tanduk’ mereka untuk berburu ikan. O iya, ‘tanduk’ tersebut juga digunakan paus narwhal untuk mencari pasangan.

Alat untuk melihat

Keadaan di dalam air tidak seterang keadaan di darat. Untuk mengatasi masalah penglihatan itu, paus narwhal pun menggunakan ekolokasi (sonar) dengan bantuan ‘tanduk’nya.

Hal ini mirip dengan yang dilakukan kelelawar. Bedanya, kelelawar menangkap sonar dengan telinga, sedang paus narwhal menerima sonar dengan ‘tanduk’nya. Unik, ya!

Menurut para peneliti, ‘tanduk’ narwhal itu tidak memiliki enamel yang keras. Hal itulah yang membuat ‘tanduk’ narwhal sensitif dan bisa menerima sonar lebih baik daripada hewan lain yang menggunakan sonar.

Semakin baik sonar yang diterima, maka semakin baik pula bantuan penglihatan yang didapatkan oleh paus narwhal. Keren, ya!

Gigi

Sebenarnya, ‘tanduk’ narwhal itu adalah sebuah gigi yang keluar dari rahang atas. Menurut World Wildlife Fund (WWF) Kanada, panjang ‘tanduk’ itu bisa tumbuh lebih dari 2,7 meter.

Masih harus diteliti

Penelitian terhadap paus narwhal masih harus dilakukan. Dengan penelitian, kita bisa mengetahui kehidupan mereka lebih jauh dan menjaga keberadaan mereka di tempat tinggalnya. Akan tetapi, penelitian terhadap paus narwhal masih mengalami kesulitan. Salah satunya karena hewan ini tinggal di laut Arktik yang dingin.

Semoga saja penelitian terhadap paus narwhal bisa terus dilakukan, ya! Jadi, kita bisa mengetahui hal lain, selain fungsi ‘tanduk’nya.

Foto: edubio.info