Tips Tetap Sehat saat Mudik

By Danastri Permata Putri, Kamis, 22 Juni 2017 | 02:10 WIB
Tips Sehat saat Mudik (Danastri Permata Putri)

Kadang-kadang mudik sangat melelahkan. Namun, bagi yang melakukan perjalanan jauh tidak perlu khawatir. Walaupun perjalanan kita melelahkan, tapi kita tetap bisa menjaga kesehatan, lo! Ini perlu agar kita tetap sehat saat berkumpul bersama saudara-saudara.

Melakukan Persiapan

Hmmm… kira-kira apa saja ya, persiapan yang harus dilakukan sebelum mudik? Sebelum menempuh perjalanan jauh, tubuh kita harus sehat seratus persen. Tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan juga sangat diperlukan.

Selain itu, lebih baik lagi kita rajin berolah raga sebelumnya. Karena, perjalanan panjang yang akan ditempuh dapat membuat badan kita lelah. Dengan berolah raga sebelumnya, badan kita akan lebih kebal terhadap penyakit seperti kesemutan, serta kelelahan.

Makanan Sehat

Karena perjalanan yang ditempuh akan jauh, ada baiknya kita menyiapkan bekal sendiri. Bekal yang akan dibawa harus yang sehat dan bergizi. Jangan membawa makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, ya!

Usahakan juga jangan membeli makan atau minum di pinggir jalan, karena kualitasnya kurang terjamin. Makanan yang dibawa bisa berupa buah, sayuran, atau camilan sehat. Hindari juga makan makanan pedas dan minuman dingin.

Membawa Obat

Jangan lupa untuk selalu membawa obat. Bisa obat-obatan yang biasa kita minum atau obat lainnya yang kira-kira diperlukan dalam perjalanan. Contohnya saja obat anti mabuk. Selain itu, bawa juga kotak P3K kecil agar mudah dibawa kemana-mana.

Membawa Perlengkapan

Yang terakhir, pastikan kita merasa nyaman di perjalanan. Kita bisa membawa selimut atau bantal kecil agar bisa beristirahat dengan nyaman saat perjalanan jauh. Bawa juga buku atau mainan yang dapat dimainkan di perjalanan agar tidak bosan.

Selamat mudik teman-teman, salam untuk keluarga, ya! Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan!