Semut Merah si Semut Red Velvet

By Marisa Febrilian, Sabtu, 9 September 2017 | 09:05 WIB
Semut Merah si Red Velvet Ant (Marisa Febrilian)

Eits, ini bukan kue yang ada di toko-toko, ya! Namanya memang seperti kue, tapi dia adalah seekor semut. Hmm...seperti apa ya, bentuknya?

Warna Terang

Awas! Ada si merah datang. Waaah warnanya cantik sekali! Siapakah si merah itu? Ternyata dia adalah semut merah, namanya Red Velvet Ant. Selain dikenal dengan sebutan Red Velvet Ants, semut ini juga disebut semut beludru/beledu. Bulu semut merah sangat lebat sehingga disebut semut beludru. Semut beludru punya nama ilmiah Dasymutilla Occidentalis.

Jantan dan Betina

Ssst, ternyata ada yang istimewa dari si merah yang satu ini. Bentuk hewan betina dan jantannya, berbeda sekali. Sebenarnya hewan ini termasuk ke dalam keluarga Mutillidae. Kelompok keluarga ini terdiri dari lebih 3.000 jenis tawon. Nah, si merah yang dikira sebagai semut ini rupanya adalah tawon. Kenapa bisa dibilang semut, ya? Sebab si merah betina ini tidak memiliki sayap, sedangkan yang jantan memiliki sayap. Karena itulah, si merah betina dianggap sebagai semut Red Velvet. 

Ciri-Ciri

Semut Red Velvet alias keluarga tawon ini punya susunan tulang yang kuat, lo. Cangkangnya, tebal dan berat. Begitu juga dengan kakinya. Bahkan, para ahli yang ingin melakukan penelitian tentang hewan ini, mengatakan, tubuh semut Red Velvet susah sekali ditusuk sekalipun dengan baja. Wow!

Tidak hanya warnanya yang indah, tetapi serangga ini termasuk hewan sosial karena mereka senang bekerjasama, lo!

Foto : commonscreative.org

Fakta Unik

  • Sengat semut Red Velvet betina yang ada di ujung tubuhnya sebenarnya tempat mengeluarkan sel telur.
  • Semut Red Velvet juga dijuluki “Cow Killer” karena sengatannya menyakitkan.
  • Semut Red Velvet, bukan hewan yang agresif meskipun mempunyai sengat.