Old Tjikko, Pohon yang Berumur 9.500 Tahun

By Putri Puspita, Jumat, 23 Juni 2017 | 10:30 WIB
Old Tjikko, pohon berumur 9500 tahun. Foto: http://www.sverigesnationalparker.se (Putri Puspita)

Mendengar pohon yang hidup ratusan tahun saja sudah membuat kita kagum. Di Swedia ada pohon yang berumur 9.500 tahun, lo!  Wah, ribuan tahun umurnya!

Hidup Sejak Zaman Es

Pohon old tjikko, itulah sebutan untuk pohon yang diperkirakan berumur sekitar 9.500 tahun. Menurut para peneliti pohon old tjikko termasuk jenis pohon cemara. Pohon ini diperkirakan hidup mulai sejak zaman es. Pohon ini mengalahkan rekor pinus Bristlecone di White Mountain California yang hidup selama 5.000 tahun.

Pohon old tjikko ditemukan pada tahun 2004 di semak-semak pegunungan. Pohon setinggi 4 meter ini berada pada ketinggian 910 meter di Swedia.

Sistem Penanggalan Karbon

Berdasarkan lingkaran tahun yang ada pada batang pohon, maka usianya sekitar 600 tahun. Namun, penghitungan umur pohon yang dipilih oleh para peneliti adalah penanggalan karbon dari sistem akar di bawah pohon.

Mengapa demikian? Karena ketika batang lama mati, akar akan tetap hidup sampai kemudian tumbuh batang baru. Itulah sebabnya, usia akar dijadikan sebagai usia pohon secara keseluruhan.

Tahan Dingin

Tentu saja dengan umur 9.500 tahun old tjikko telah melewati berbagai musim. Pohon ini pastinya tahan dengan suhu ekstrim, terutama suhu dingin.