Planet Mirip Tatooine di Film Star Wars

By Sylvana Toemon, Minggu, 25 Juni 2017 | 00:00 WIB
Planet mirip Planet Tatooine di film Star Wars (Sylvana Toemon)

Apakah kamu pernah menonton film Star Wars? Film ini menceritakan kisah hidup Anakin Skywalker yang lahir di Planet Tatooine. Ternyata ada planet sungguhan yang mirip dengan Planet Tatooine, lo!

Planet Tatooine yang gersang

Dalam film Star Wars, Planet Tatooine digambarkan sebagai planet yang gersang. Planet ini memiliki gunung, pegunungan, dan gurun. Sering terjadi badai pasir di planet itu. Penghuni planet yang letaknya sangat jauh itu tidak banyak. Suhu di planet ini panas sekali karena mataharinya ada 2. Planet yang menjadi daerah asal Keluarga Skywalker ini adalah hasil rekaan George Lucas, pengarang Star Wars.

Mengorbit 2 bintang

Planet yang mirip Tatooine ini namanya Planet Kepler – 16b. Seperti Planet Tatooine, planet ini mengelilingi 2 bintang. Ukurannya hampir sebesar Planet Saturnus. Planet  ini mengelilingi kedua bintang itu setiap 229 hari. Kedua bintang itu lebih dingin dari Matahari yang dikelilingi oleh Bumi. Akibatnya, suhu permukaan planet ini lebih dingin dibandingkan dengan Bumi. Jaraknya dari Bumi sekitar 200 tahun cahaya.

Baca juga: Planet Paling Mirip Bumi

Kedua bintang saling mengorbit

Penyelidikan antariksa yang akhirnya menemukan planet ini diadakan oleh Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics. Penyelidikan terus dilakukan dengan menggunakan teleskop 60 inci di Observatorium Whipple Observatorium Smithsonian Astrophysical Observatory di Arizona. Dari penelitian tersebut didapat kedua bintang kembar yang dikelilingi oleh Planet Kepler – 16b itu saling mengelilingi. Kedua bintang itu saling mengorbit selama 41 hari.