Indahnya Persahabatan Antara Hewan Yang Tertangkap Kamera Manusia

By Eka Kartika, Sabtu, 24 Juni 2017 | 04:04 WIB
anjing dan cheetah, Via Facebook, Metro Richmond Zoo (Eka Kartika)

Persahabatan terjalin tidak hanya antara sesama manusia. Persahabatan antara hewan yang berbeda jenis juga banyak terjadi di berbagai negara. Inilah contohnya... 

Persahabatan antara anjing dan kucing besar di kebun binatang Virginia

Jika biasanya ada permusuhan antara anjing dan kucing besar (cheetah), namun tidak demikian yang terjadi di Kebun Binatang Metro Richmond, Virginia. Anjing labrador retriever bernama Kago dan cheetah bernama Kumbali ini bersahabat sangat akrab.  

Persahabatan keduanya berawal ketika Kumbali tidak mendapat air susu yang cukup dari ibunya. Kumbali tumbuh dengan berat badan yang sangat kurang. Petugas kebun binatang menjadi sangat khawatir lalu mengambilnya dari kandang. Kumbali akhirnya dirawat dan dibesarkan khusus oleh petugas kebun binatang.

Setelah berat badannya sudah cukup, semula Kumbali akan dikembalikan ke ibu dan saudara-saudaranya. Namun, petugas kebun binatang melihat keluarga Kumbali malah menganggap Kumbali sebagai ancaman. Perilaku cheetah memang mudah gelisah. Cheetah juga biasa berkelompok dengan sesama pejantan membuat daerah kekuasaan. Kumbali yang tidak dibesarkan langsung oleh induknya, akan dianggap sebagai ancaman. 

Petugas kebun binatang lalu mencari teman yang tepat untuk Kumbali. Mereka akhirnya memilih Kago, si anjing labrador. Anjing labrador bersifat tenang, melindungi dan memimpin, sehingga dianggap cocok untuk menemani seekor anak cheetah. Dengan begitu, Kumbali akan belajar pada Kago agar tidak takut pada makhluk di sekelilingnya, namun mencintainya. Sampai sekarang, kedua hewan itu tetap bersahabat akrab di Kebun Binatang Metro Richmond. 

 

 

Persahabatan antara hewan di alam liar yang  menakjubkan

Ini adalah persahabatan antara hewan di alam liar yang sempat tertangkap kamera manusia.  

Rakun dan buaya ini terlihat akrab. Buaya  biasanya memangsa hewan lain yang lebih kecil. Namun, di hutan ini, tampak buaya ini membantu seekor rakun yang berdiri di punggungnya, untuk menyeberangi sungai. Gambar ini tanpa sengaja tertangkap kamera milik Pak Richard Jones di daerah hutan lindung Ocala National Forest, Florida, Amerika Serikat.

Persahabatan antara kambing dan seekor monyet ini juga menarik.

Awalnya, seorang petani asal Tiongkok Timur bernama Zhong Su sedang menggembalakan kambingnya di alam bebas penuh rerumputan.  Di tempat itu, Zhong Su menemukan seekor monyet. Ia lalu membawanya pulang bersama kambing-kambingnya.

Lama kelamaan, petani ini menemukan fakta menakjubkan. Monyet yang ia temukan ini tampak sering berada di kandang kambing. Bahkan seringkali terlihat memeluk erat-erat salah seekor kambing di kandang itu.

Sayangnya, persahabatan  mereka harus berakhir.  Perlindungan satwa liar setempat memutuskan untuk memisahkan monyet dan kambing ini.