Ikan Tanpa Wajah

By willa widiana, Kamis, 29 Juni 2017 | 11:15 WIB
Ikan tanpa wajah, dilihat dari samping (willa widiana)

Beberapa waktu lalu, tim ilmuwan dari Museums Victoria dan Commonwealth Scientific and Industrial research Organisation (CSRIO) melakukan penelitian di laut yang belum tersentuh. Dari penelitian itu, para peneliti menemukan spesies baru dan spesies unik. Salah satunya adalah ikan tanpa wajah.

Ikan tanpa wajah ini sempat ditemukan di lepas pantai Papua new Guinea pada tahun 1873. Namun, ikan itu sempat menghilang dan baru ditemukan lagi baru-baru ini. Para peneliti menemukan ikan ini di lepas pantai timur Australia, pada kedalaman 4.000 meter.

Ikan ini memiliki kepala yang cukup besar dengan dua lubang hidung berwarna merah jambu di bagian depan kepalanya. Di bagian bawah kepalanya, ada sebuah mulut yang berukuran kecil. Di kiri-kanan kepalanya tidak ada mata, seperti ikan pada umumnya.

Jika dilihat dari samping, ikan ini tampak seperti hewan tak berkepala. Nah, hal itulah yang membuat hewan ini dinamai ikan tanpa wajah. O iya, ikan tanpa wajah termasuk hewan laut dalam. Jadi, ia memiliki tubuh yang kenyal.

Spesies unik lain

Selain ikan tanpa wajah, para peneliti juga menemukan spesis unik yang lain. Ada kepiting batu berduri runcing yang berwarna merah cerah, coffinfish, belut laut dalam, dan masih banyak lagi.

Menurut keterangan, para peneliti menemukan ribuan spesies di laut tempat mereka melakukan penelitian. Sepertiga dari hewan yang mereka temukan merupakan spesies baru.

Sumber: national geographic, Foto: abc.net.au