El Jem, Kembaran Colosseum

By Marisa Febrilian, Kamis, 29 Juni 2017 | 11:02 WIB
Monumen El Jem seperti kembaran Colosseum di Roma Italia (Marisa Febrilian)

Tebak, apakah monumen ini terletak di Roma, Italia? Ups, ternyata bukan. Monumen ini berada di Tunisia.

Mirip Colosseum

            Monumen berbentuk teater terbuka ini adalah El Jem. Letaknya di El Djem, Tunisia. El Jem seperti kembaran Colosseum di Roma, Italia. Bentuknya mirip sekali dengan Colosseum. Kenapa bisa sangat mirip? Dulu, Kerajaan Romawi pernah menguasai Tunisia. Nah, ketika itulah Romawi mendirikan El Jem pada abad ke-3 atau sekitar tahun 238. El Jem memang sengaja dibangun seperti Colosseum.    

Terbesar di Afrika Utara

            El Jem adalah monumen teater terbuka yang terbesar di Afrika Utara dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Monumen ini dapat menampung sekitar 35.000 orang. Tidak hanya itu keistimewaannya. El Jem ini ternyata hanya dibangun dengan batu-batuan saja. Tanpa fondasi atau dasar bangunan apapun.    

Tempat Nonton

Pada zaman dulu, teater terbuka seperti El Jem biasanya dijadikan tempat menonton pertandingan para gladiator, balapan kereta kuda, dan pertunjukan lainnya. Kini, El Jem dijadikan tempat menonton festival musik simfoni internasional pada setiap musim panas. Wah, asyiknya nonton orkestra di tempat terbuka!  

            El Jem telah terdaftar menjadi Situs Warisan Dunia pada tahun 1979 oleh UNESCO, badan PBB untuk bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan.

Teks : (Lita), Foto : creativecommons.org