Jaga Kesehatan Mata, yuk!

By Marisa Febrilian, Minggu, 3 September 2017 | 06:35 WIB
Jaga Kesehatan Mata, yuk! (Marisa Febrilian)

“Matamu, Masa Depanmu".  Setuju dengan ungkapan itu? Jika ya, yuk kita jaga kesehatan mata mulai sekarang. Coba bayangkan bagaimana rasanya kalau mata kita sedang sakit? Sudah pasti aktivitas kita akan terganggu.

Penyakit yang sering menyerang mata antara lain, miopia (rabun jauh) atau mata minus, disebabkan karena bayangan yang jatuh tidak tepat pada retina mata, melainkan bayangan itu jatuh di depan retina.

Selanjutnya ada hipermetropi (rabun dekat), ini disebabkan karena bayangan yang jatuh berada di belakang retina. Penyakit mata lainnya, ada presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, katarak, dan buta warna.

Penyakit mata bisa terjadi karena dua hal, yaitu faktor genetik (keturunan) dan faktor lingkungan. Faktor genetik, merupkan faktor bawaan sejak lahir.

Sedangkan faktor lingkungan, terjadi karena kebiasaan kita yang kurang memerhatikan kesehatan mata. Seperti membaca buku di tempat yang sedikit cahaya, terlalu dekat menonton televisi, dan bermain komputer (gadget) terlalu lama. Semua itu bisa menjadi salah satu penyebab mata sakit.

Nah untuk mengatasi semua itu, ada tips menjaga kesehatan matamu :

Tips-tips di atas bisa membantu menjaga kesehatan mata. Yuk, jaga kesehatan mata!