Kisah Pulau Magnet Jabuka

By Eka Kartika, Senin, 3 Juli 2017 | 11:47 WIB
Jabuka island (Eka Kartika)

Pulau Tak Berpenghuni

Pulau Jabuka terbentuk akibat letusan dari magma benua Pangea, yang terjadi sekitar 200 juta tahun lalu, Pulau ini merupakan pulau vulkanik dan tidak berpenghuni. Letaknya di ketinggian 97 meter di atas permukaan laut dan berada di laut Adriati. 

Pulau Jabuka ini termasuk kaya dengan hasil ikannya. Namun, nama pulau ini jarang sekali disebut orang ataupun menjadi lokasi wisata atau tempat memancing. Ternyata, pulau ini memiliki rahasia yang cukup unik.  

Memiliki daya magnet sangat tinggi

Batu-batuan yang tersebar di pulau ini, ternyata memiliki sifat magnet karena mengandung magnetit oksida besi alami. Karena daya magnet yang sangat tinggi itu, kapal-kapal besar dilarang masuk ataupun mendekati pulau Jabuka. Kalau nekat mendekati pulau, kapal bisa mengalami kerusakan. Sistem navigasinya pun akan kacau. 

Kapal-kapal besar yang membawa wisatawan ke pulau ini, akan berhenti jauh dari pulau itu. Wisatawan kemudian melanjutkan perjalanan menuju pulau Jabuka dengan perahu kayu atau bahkan sekoci.

Menjadi monumen geologi alami

Pulau Jabuka tidak berdiri sendiri. Ada dua pulau lainnya yang juga terbentuk dari vulkanik, yaitu pulau Brusnik dan Palagruza. Kedua pulau ini juga memiliki medan magnet. Tak heran jika ketiga pulau ini mendapat sebutan Segitiga Adriatik Vulkanik. 

Karena keunikannya ini, pada tahun 1958, pulau Jabuka dinyatakan oleh pemerintah Kroasia sebagai monumen geologi alam.