Mengapa Hidung Tersumbat Saat Flu?

By Aisha Safira, Selasa, 7 November 2017 | 07:45 WIB
Hidung tersumbat (Aisha Safira)

Hidung tersumbat saat flu sangat menyebalkan bukan? Akibatnya, kita menjadi sulit bernapas. Apa sih penyebab hidung kita bisa tersumbat?

Saat sedang flu, hidung kita biasanya tersumbat alias mampet. Kadang, tidak hanya satu lubang hidung yang tersumbat melainkan keduanya. Hal ini membuat kita sulit bernapas dan tidak nyaman. Apa  sih penyebab hidung tersumbat? Sebelumnya, kamu perlu tahu bahwa hidung kita tidak hanya tersumbat di saat flu. Dalam keadaan tidak sakit pun hidung kita bisa tersumbat.

Penyebab hidung tersumbat

Apakah kamu pernah membandingkan hembusan napas pada kedua lubang hidungmu? Biasanya, hembusan lubang hidung yang satu lebih kuat dari pada yang lain. Hal ini disebabkan oleh siklus nasal. Siklus nasal adalah proses di mana lubang hidung menarik udara secara bergantian. Sebelum mencapai paru-paru, udara perlu dihangatkan oleh struktur hidung yang disebut turbinat inferior.

Tugas untuk menghangatkan udara ini hanya diberikan pada salah satu sisi hidung. Sisi tersebut akan dialiri lebih banyak darah untuk menghangatkan udara yang lewat. Akibatnya, turbinat pada sisi tersebut akan membengkak dan membuat hidung tersumbat. Namun, di saat ini, tentu saja kita tidak akan merasa hidung kita tersumbat. Hanya saja kekuatan hembusan di lubang kiri dan kanan akan sedikit berbeda.

Nah, saat sedang flu, aliran darah dalam hidung akan semakin meningkat. Selain itu, hidung juga akan memproduksi cairan atau lendir berlebih. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan yang lebih besar dari pada biasanya. Oleh sebab itu, salah satu atau kedua sisi hidung akan terasa tersumbat dan mampet.

Cara mengatasi hidung tersumbat

Kalau mau meredakan hidung yang tersumbat, kamu bisa melakukan beberapa hal ini. Kamu bisa menghirup uap hangat dari air yang dimasak hingga mendidih. Kamu juga bisa membilas hidung dengan air garam. Larutan air garam ini terbuat dari satu sendok teh garam dan sedikit baking soda yang dilarutkan dalam 230 ml air hangat. Jangan lupa juga untuk minum banyak air hangat agar tenggorokan tetap lembab dan lendir menjadi encer sehingga mudah keluar.