Inilah 4 Jenis Makanan yang Tidak Akan Pernah Basi

By Yomi Hanna, Sabtu, 30 September 2017 | 05:15 WIB
Beras dapat disimpan dalam waktu yang lama, tidak akan basi. (Hanna Vivaldi)

Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap makanan suatu saat pasti akan basi (kadaluarsa) serta tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Makanan menjadi basi biasanya disebabkan adanya bakteri atau mikroorganisme yang berkembang dan tumbuh.

Tetapi ada tidak, ya, makanan yang tidak akan basi meski disimpan dalam  waktu yang lama? Ternyata ada, lo, makanan yang tidak memiliki masa kadaluarsa. Apa saja, ya?

1. Madu

Madu adalah cairan manis dan kental yang menyerupai sirup. Madu yang asli memiliki derajat keasaman (pH) sekitar 3,2 - 4,5 sehingga sulit ditumbuhi bakteri atau mikroorganisme. Inilah yang membuat madu menjadi salah satu makanan yang tidak akan basi. Berbeda dengan madu campuran yang banyak dijual di pasaran, madu yang sudah tidak alami tersebut memiliki masa kadaluarsa.

2. Gula

Gula biasanya digunakan sebagai penambah rasa manis pada minuman dan makanan. Gula memiliki beberapa jenis berdasarkan bahan pembuatnya seperti gula putih, gula merah, gula tepung atau gula aren. Semua jenis gula tersebut tidak akan basi karena sifatnya yang tidak dapat ditumbuhi bakteri.

3. Beras

Beras adalah sumber karbiohidrat yang tidak pernah basi jika kita menyimpannya di tempat yang kering dan tidak lembab.  Namun ini tidak berlaku untuk beras merah, karena memiliki kandungan minyak yang tinggi dan tidak dapat bertahan lama meskipun sudah disimpan di tempat yang kering dan tidak lembab. Oleh sebab itu, beras merah harus segera dikonsumsi, ya, jangan disimpan lama-lama!

4. Garam

Garam menjadi bumbu yang paling sering digunakan dalam setiap masakan. Selain itu, garam juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan. Dengan menambahkan garam, beberapa makanan dapat bertahan lama. Ini karena garam memiliki sifat yang anti bakteri, dia tidak akan membiarkan mikroorganisme hidup dan berkembang. Inilah yang membuat garam menjadi salah satu makanan yang tidak akan pernah basi.