3 Juli, Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia

By Sylvana Toemon, Senin, 3 Juli 2017 | 11:44 WIB
3 Juli, Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia (Sylvana Toemon)

Setiap tanggal 3 Juli diperingati sebagai Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia atau International Plastic Bag Free Day. Mengapa sampai ada hari peringatan ini?

Mencemari lingkungan

Kantong plastik sangat mudah didapatkan. Kita bahkan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Biasanya kantong plastik pasti diberikan jika kita berbelanja. Akibatnya, banyak orang yang tidak merasa sayang untuk membuang kantong plastik.

Kantong plastik yang dibuang sembarangan dapat mencemari lingkungan. Kantong plastik yang terbawa ke saluran air akan mengganggu kelancaran aliran air dan mengakibatkan banjir. Kantong plastik yang terbawa ke laut juga mungkin akan dimakan oleh hewan laut dan burung-burung.

Baca juga: Ini Bahaya Sampah Plastik di Laut

Terurai sangat lama

Kantong plastik tidak mudah terurai di alam. Bahan ini tidak dapat membusuk. Perlu waktu ratusan tahun untuk membuat bahan ini dapat terurai menjadi tanah. Walaupun sudah ada teknologi plastik biodegradable, plastik tetap memerlukan waktu yang cukup lama untuk terurai.

Baca juga: Apakah Plastik Biodegradable Ramah Lingkungan?

Merayakan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia

Kita dapat turut merayakan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia. Caranya tentu saja dengan tidak menggunakan kantong plastik pada hari ini. Sebagai ganti kantong plastik, gunakanlah tas belanja yang dapat digunakan ulang. Ajak teman-teman dan keluargamu untuk tidak menggunakan kantong plastik. Bagikan juga pengalamanmu di media sosial.

Menurutmu apakah 1 hari tidak menggunakan kantong plastik dapat mengubah lingkungan menjadi lebih baik? Bagaimana kalau kita lakukan setiap hari?