Buah Berduri, si Raja Buah

By Marisa Febrilian, Sabtu, 30 September 2017 | 08:58 WIB
Fakta Menarik Durian (Marisa Febrilian)

Bentuknya bulat. Kulit buahnya keras dan berduri. Aroma buahnya sangaaat menyengat. Tebak buah apa ini?

Si Raja Buah

Yup! Durian. Nama latinnya adalah Durio zibethius. Durian termasuk tanaman tropis. Konon, durian pertama kali ditemukan di Asia Tenggara. Durian juga dijuluki sebagai ‘Raja Buah’ atau ‘King of Fruits’. Itu karena buah ini terlihat tangguh dengan duri-duri yang mengelilingi permukaan kulit durian. Makanya, durian disebut sebagai raja dari segala buah. 

Pohon Hutan

Tanaman durian sering juga disebut sebagai pohon hutan. Soalnya, pohon tanaman durian ini berukuran besar sekitar 25 m sampai 50 m. Umur tanaman durian dapat mencapai puluhan tahun. Daun tanaman durian kebanyakan berbentuk lonjong.

Kalau pohon sudah berumur 8 tahun – 10 tahun, pohon durian akan berbuah. Berat dan bentuk buah durian biasanya berbeda-beda, tergantung jenis duriannya. Satu buah durian, biasanya terdiri dari 5 juring (petak-petak dalam buah-buahan) yang berisi 1-5 daging buah durian.

Senyawa Misterius

Buah durian ini memiliki bau menyengat. Nah, bau inilah yang membuat sebagian orang tidak doyan menyantap buah berduri ini. Rupanya, di dalam buah durian terkandung senyawa misterius. Sayangnya, para ilmuwan belum berhasil mengungkapkan dengan jelas senyawa apa yang terkandung di dalam daging buah durian.

Menurut hasil penelitian dari German Research Center for Food, ditemukan lebih dari 50 senyawa di dalam daging buah durian. Salah satunya adalah senyawa Ethanethiol. Dan 24 senyawa lainnya belum berhasil terungkap.

Meskipun berbau, buah durian mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Siapa yang doyan buah durian?

Foto : creativecommons.org, Sumber data : The Jurnal of Agriculture and Food Chemistry, 2012. German Research Center for Food Chemistry