Pill Bug si Tank Mini yang Penuh Kejutan

By Marisa Febrilian, Kamis, 6 Juli 2017 | 04:44 WIB
Pill bug serangga kecil yang mirip tank mini (Marisa Febrilian)

Badannya kecil, tetapi ia kulitnya keras sekeras baja. Hewan ini punya punya banyak kejutan, lo!

Punya Banyak Julukan

Kejutan pertama. Hewan imut ini ternyata punya banyak julukan. Ada yang menyebutnya kutu kayu (Wood Louse), Roly Poly, Armadillo bug, dan juga kutu kentang (Potato bug). Biarpun punya banyak nama, hewan ini terkenal dengan julukan si tank mini. Soalnya badan Pill bug dilapisi dengan cangkang yang kuat, namanya Exoskeleton.

Struktur Tubuh

Walaupun bertubuh mungil, Pill bug ternyata punya 14 kaki. Pada bagaian dadanya terdapat 7 ruas. Nah ini dia kejutan selanjutnya, Pill bug tidak berurin alias tidak pipis. Soalnya ia mengeluarkan cairannya melalui tubuh bagian terluarnya. Sst! Masih ada satu kejutan lagi! Rupanya Pill bug itu suka memakan kotorannya sendiri. Hiiii! O ya, kalau bernapas, Pill bug menggunakan insang.

Mirip “Bangsawan”

Wah, masih ada kejutan lagi! Hewan imut ini ternyata berdarah biru, lo. Seperti bangsawan saja, ya! Hi..hi..hi.. Kenapa, ya? Darah Pill bug tidak mengandung hemoglobin, melainkan hemocynanin. Nah, hemocyanin ini sangat kurang mengikat oksigen, sehingga warna darah yang dihasilkan bukan warna merah.

Golongan Kulit keras

Pill bug bukan serangga. Ia termasuk jenis Krustasea. Dalam bahasa Latin, Krusta berarti berkulit keras. Hewan golongan Krustasea biasanya hidup di air atau di laut. Golongan Krustasea terkecil seperti Pill bug, tinggal di darat. Nah, kalau Pill bug termasuk Krustasea kelas Malacostraca.

Mmm, kejutan apa lagi, ya yang dimiliki Pill bug, ya?

Foto : creativecommons.org

Fakta Lain

  • Pill Bug punya antena di dekat mata
  • Ukuran badannya 0.3-0.5 inci atau 8-12 mm
  • Pill bug  bisa menggulung badan saat terancam
  • Pill bug termasuk ke dalam keluarga Armadillidiidae