Manfaat Olahraga

By Vanda Parengkuan, Selasa, 4 Juli 2017 | 07:00 WIB
Bersepeda adalah salah satu aktivitas fisik yang disukai anak-anak seperti kita. (Vanda Parengkuan)

Olahraga atau aktivitas fisik sebaiknya dilakukan terus menerus dan teratur. Kegiatan ini harus dilakukan sesuai , dengan kemampuan kita sebagai anak-anak. Contohnya; tidak pernah lupa bermain sepeda setiap sore. Bermain layangan, lari-lari, lompat-lompatan, membantu orang tua di rumah, juga termasuk aktivitas fisik yang baik dan menyenangkan. Inilah beberapa manfaat dari aktivitas fisik atau olahraga untuk kita :?

1. Aktivitas fisik membuat otot-otot bergerak dan tulang-tulang saling bertumbukan. Hal itu membuat otot dan tulang sehat dan tumbuh dengan baik. Kita pun jadi sehat dan bertambah tinggi.

2. Ketika beraktivitas fisik, jantung memompa darah lebih banyak. Karena memompa lebih banyak, jantung jadi bertambah kuat. Darah pun akan lebih lancar mengalir ke berbagai organ tubuh.

3.  Paru-paru mengembang dan mengempis sewaktu kita beraktivitas fisik. Hal itu membuat paru-paru memiliki kemampuan menampung oksigen lebih banyak.    

4.  Saat melakukan aktivitas fisik, darah akan mengalir lancar ke otak. Hasilnya, otak akan berpikir, menjaga keseimbangan tubuh, dan mengatur koordinasi tubuh dengan lebih baik.

5. Aktivitas fisik menyebabkan ginjal bekerja lebih baik, sehingga ginjal dapat mengeluarkan urin atau air kencing dengan lebih lancar. 

6. Usus berguncang-guncang ketika kita melakukan aktivitas fisik. Maka, sisa-sisa pencernaan dan racun-racun di tubuh akan lebih lancar keluar dari tubuh.   

7. Aktivitas fisik atau olahraga melatih kita untuk berinteraksi dengan orang lain. Kita belajar berbagi, tidak egois, memberi kesempatan giliran kepada orang lain, belajar jadi pemimpin, dan lainnya.   

Teks : Lita Maha

Narasumber : Dr. Michael Triangto, Sp.KO