Okapi, Gabungan Kuda dan Jerapah

By willa widiana, Kamis, 6 Juli 2017 | 08:07 WIB
Okapi, Gabungan Kuda dan Jerapah (willa widiana)

Kalau diperhatikan... badannya seperti kuda, kaki belakang dan depannya mirip zebra, tapi lehernya cukup panjang meski tidak sepanjang jerapah. Jadi, sebenarnya hewan ini kuda atau jerapah?

Okapi

Hewan itu bernama Okapi. Nama latinnya Okapi jhonstoni. Nama latin itu baru resmi dikenalkan pada tahun 1901. Mamalia ini hidup di hutan hujan dan ditemukan di Hutan Hujan Ituri, Afrika Tengah.

Badan mereka berwarna coklat seperti kuda, kakinya berwarna belang seperti zebra, dan leher serta kepalanya seperti jerapah. Hal itu membuat Okapi seperti hasil persilangan antara kuda, jerapah, dan zebra.

Kerabat Jerapah

Okapi berkerabat dengan jerapah. Hmm... pantas saja bentuk badan okapi lebih mirip jerapah. Hanya saja, leher dan kaki okapi tidak sepanjang leher jerapah. Selain itu, corak tubuh okapi juga berbeda dengan jerapah.

Tinggi okapi bisa mencapai 2,5 meter dan beratnya bisa sampai 350 kilogram. Lidah okapi juga panjang, sekitar 35 cm. Lidah panjang itu bisa digunakan untuk membersihkan kelopak mata dan telinga. O iya, okapi merupakan hewan pemakan rumput atau herbivora.

Okapi jantan mempunyai kelenjar bau di kakinya. Kelenjar bau itu akan menghasilkan sebuah zat seperti tar. Fungsi dari kelenjar bau itu untuk menandai wilayahnya. Hmm... unik juga ya cara mereka menandai wilayahnya.

Menurutmu, hewan ini lebih mirip kuda atau jerapah?

Foto: Creative Commons