Kamu Suka Berenang? Inilah 5 Manfaatnya

By Yomi Hanna, Kamis, 6 Juli 2017 | 10:03 WIB
Olahraga renang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita (Hanna Vivaldi)

Salah satu olahraga yang menyenangkan adalah renang, karena kita tidak berkeringat seperti olahraga lainnya. Meskipun begitu, olahraga ini juga dapat membakar kalori di dalam tubuh.

Selain manfaat tersebut, masih ada beberapa manfaat lain seputar renang. Yuk, kita simak infonya di bawah ini!

1.  Membantu pertumbuhan tinggi badan

Banyak yang bilang kalau kita rajin berenang, maka itu bisa membuat badan kita tumbuh lebih tinggi. Benarkah? Yap, benar sekali. Karena ketika kita berenang di dalam air, seluruh bagian tubuh kita bergerak aktif. Tidak hanya itu, gaya gravitasi di dalam air jauh lebih kecil dibandingkan saat di darat. Nah, ini membuat tekanan ke bawah terhadap badan kita menjadi lebih kecil saat berenang. Ini jugalah hal yang dapat membantu pertumbuhan tinggi badan kita.

2. Mengaktifkan banyak otot tubuh

Jika ingin melatih seluruh otot di tubuh kita, berenanglah. Karena ketika berenang, tanpa sadar kita pasti akan menggerakkan seluruh tubuh. Semua otot kita pun menjadi bekerja, bahkan otot-otot yang jarang sekali digerakkan.

Ketika berenang ada beberapa jenis gaya yang bisa kita coba. Nah, setiap gaya ini dapat melatih otot-otot tertentu. Seperti gaya bebas ternyata bisa melatih otot bisep dan trisep yang ada di lengan kita, sedangkan gaya kupu-kupu bisa melatih kerja otot bahu, perut, dan lengan bagian atas. Kalau kamu, biasanya menggunakan gaya apa saat berenang?

3. Meningkatkan nafsu makan

Setelah berenang, apakah kamu sering merasa kelaparan? Yap, itu ternyata adalah hal yang wajar dan normal. Apa sebabnya ya? Ini karena air di kolam yang dingin mengakibatkan suhu sekitar tubuh kita menurun secara drastis dan membuat asupan kalori kita terkuras habis saat berenang. Oleh sebab itu biasanya setelah selesai berenang, otomatis tubuh kita akan merasa lapar dan langsung berselera untuk makan.

4. Meringankan asma

Jika teman-teman mengidap asma, berenang sangat baik dilakukan untuk meringankan penyakit tersebut. Ini karena proses berenang membuat kerja saraf parasimpatik dapat bekerja dengan baik dalam merangsang saluran pernapasan (bronkus). Tidak hanya itu, otot-otot pernapasan di dalam tubuh kita juga menjadi terlatih saat berenang.

5. Mencegah penyakit rematik, jantung, dan stroke

Rutin berenang dapat membantu melancarkan peredaran darah. Ketika peredaran darah menjadi lancar maka risiko terkena penyakit jantung dan stroke menjadi lebih rendah. Selain itu, penggunaan oksigen di dalam tubuh kita menjadi lebih teratur, terjaga, dan dapat dimanfaatkan dengan baik.