Festival Layang-layang di Pantai Jatimalang

By Yomi Hanna, Kamis, 6 Juli 2017 | 07:08 WIB
Festival layang-layang di Pantai Jatimalang (Hanna Vivaldi)

Ada banyak cara yang dilakukan untuk memperkenalkan sebuah daerah ke masyarakat. Salah satunya adalah festival yang diadakan di Kabupaten Purworejo, Jawa tengah. Festival ini diadakan untuk mempromosi wisata daerah sekaligus merayakan #MudikPenuhPesona.

Festival Layang-Layang

Kabupaten Purworejo memiliki festival layang-layang, mirip seperti yang di Bali. Festival ini bertujuan untuk memperkenalkan Kabupaten Purworejo dan objek wisata pantai Jatimalang di Kecamatan Purwodadi, Jawa Tengah.

Festival layang-layang ini diadakan setiap tahun.  Tahun ini diadakan pada tanggal 8-9 Juli 2017 dan merupakan festival layang-layang yang ke-lima. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo menyelenggarakan acara ini sebagai salah satu hiburan dalam rangka #MudikPenuhPesona serta Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438. Keluarga yang sedang mudik ke daerah ini diharapkan dapat menikmati acara tahunan ini.

Empat jenis kategori layang-layang

Festival diikuti oleh 40 grup layang-layang dari berbagai daerah di Jawa dan Sumatera. Di acara ini, ditampilkan 4 jenis kategori layang-layang, seperti kategori dua dimensi, 3 dimensi, tradisional, dan tren naga.

Festival ini sukses memperkenalkan daerah dan tempat wisata di Kecamatan Purwodadi. Sebab ada banyak pengunjung yang datang setiap tahun ke acara ini. Nah, kalau pengunjungnya ramai, maka bisa meningkatkan keuangan daerah beserta warganya, misalnya melalui jasa parkir atau penjual makanan dan cinderamata.

Apakah kamu pernah menghadiri festival layang-layang ini?