Bolwoningen, Rumah Unik Mirip UFO

By Danastri Permata Putri, Jumat, 7 Juli 2017 | 04:48 WIB
Bolwoningen, Rumah Unik Mirip UFO (Danastri Permata Putri)

Bentuknya mirip dengan UFO. Eits, tetapi ini bukan pesawat alien sungguhan, lo! Bangunan-bangunan ini adalah rumah yang bisa ditinggali oleh manusia.

Menyerupai UFO

Namanya Bolwoningen, terletak di Negeri Kincir Angin, Belanda. Bolwoningen adalah rumah berbentuk bulat seperti bola, dengan jendela-jendela yang juga bulat. Bentuknya yang unik ini menyerupai UFO. Namun, banyak juga yang menyebutnya mirip laboratorium.

Dekat dengan Alam

Bangunan-bangunan ini berjajar rapi membentuk perumahan. Dipelopori oleh Dries Kreijkamp, Bolwoningen dibangun pada tahun 1984 di pinggir kota Dan Bosch. Rumah ini dirancang agar manusia semakin dekat dengan alam. Terbukti dari banyaknya kaca melengkung dan lingkungan sekitar yang hijau. Kanal di pinggir perumahan menjadi pelengkap suasana yang asri.

Seperti di Dunia Lain

Walaupun bukan UFO sungguhan, tetapi suasana di dalam rumah ini memang terasa seperti di dunia lain, lo! Dindingnya yang melengkung dan kaca-kaca bundar membuat kita seakan berada di pesawat luar angkasa. Yang menarik, kaca-kaca di lantai tiga bisa berputar dengan ukuran yang cukup besar. Hal ini untuk memudahkan pencahayaan dan membuat kesan lapang.

Bangunan Tiga Lantai

Bolwoningen terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar untuk tempat tidur, lantai tengah berisi kamar mandi tersembunyi, dan lantai atas untuk ruang keluarga. Pemandangan dari dalam rumah juga tidak kalah menarik, karena pemandangan sekitar perumahan sangat indah.

Masih Terlihat Baru

Kalau dilihat, kalian pasti tidak mengira bahwa bangunan ini sudah berusia cukup tua. Yup, rumah Bolwoningan ini sudah berumur 33 tahun! Walaupun begitu, rumah ini masih terlihat baru dan kuat. Perumahan ini juga dirancang agar menghemat lahan. Memang terlihat kecil, tetapi di dalam rumah ini sangat nyaman dan cukup lebar untuk menampung satu keluarga.