Kodok, Kok, Makan Kodok?!

By willa widiana, Jumat, 7 Juli 2017 | 08:21 WIB
Kodok makan kodok bukan hal baru, tapi belum diketahui penyebabnya. (willa widiana)

Kodok makan kodok? Masa sih?

Ya, kodok tidak hanya memangsa hewan-hewan kecil seperti serangga. Ternyata, kodok dapat makan apa saja yang bisa dimakannya, termasuk sesama kodok! 

Kodok makan kodok, bukan hal baru. Para ahli sudah mengetahuinya sejak lama. Kini, para ahli di Afrika Selatan telah menemukan beberapa fakta tentang kodok makan kodok.

Fakta pertama, kodok yang bertubuh besar biasanya punya keinginan untuk memakan kodok dari spesies lain, dibanding kodok yang bertubuh kecil.

Fakta kedua, kodok makan kodok biasanya terjadi di wilayah yang banyak kodok dibanding di wilayah yang sedikit kodoknya. Misalnya, kodok makan kodok lebih sering terjadi di hutan daripada di perkotaan.

Fakta ketiga, kodok tidak hanya makan kodok lain yang berasal dari spesies yang berbeda. Kodok juga makan kodok lain yang berasal dari spesies yang sama.

Fakta keempat, kodok biasanya makan kodok lain ketika berada di wilayah yang bukan habitatnya. Misalnya, kodok A tidak berasal dari habitat kodok B. Maka, ketika berada di habitat kodok B, kodok A cenderung memangsa kodok B. Biasanya, kodok pemangsa dapat mengancam keberadaan kodok yang asli di habitatnya.

Kenapa, ya, kodok makan kodok? Para ahli masih terus meneliti perilaku kodok ini. Kita tunggu saja hasil penelitian para ahli berikutnya, ya.

Sumber : livescience.com Foto : Les Minter/livescience.com