Tomcat, Serangga Kecil yang Berbahaya

By Yomi Hanna, Senin, 10 Juli 2017 | 06:00 WIB
Racun tomcat berbahaya bagi manusia (Hanna Vivaldi)

Apakah kamu pernah melihat semut semai atau tomcat (Paederus littoralis)? Ini adalah serangga kecil  yang warna tubuhnya khas, yaitu oranye dan hitam. Sekilas kelihatan tidak berbahaya, tetapi kenyataannya serangga ini bisa melukai kulit, lo.

Semut semai atau tomcat sudah ada sejak 200 tahun yang lalu. Tubuhnya berwarna belang-belang hitam dan oranye. Dia juga memiliki sayap tetapi seringkali tidak kelihatan karena disembunyikan.

Beracun jika terancam

Mereka tidak suka jika diganggu. Kalau diganggu, mereka akan menaikkan ekor belakangnya yang mirip kalajengking.

Semut semai atau tomcat memiliki racun yang berbahaya bagi manusia. Penyebaran racunnya bukan melalui gigitan seperti nyamuk, semut, atau serangga lainnya karena tomcat tidak menggigit. Tomcat akan mengeluarkan racun dari tubuhnya ketika mereka terancam atau terganggu.

Tomcat juga senang mengeluarkan cairan racunnya di atas benda-benda yang dilaluinya seperti handuk, seprei, baju, atau benda lainnya. Jika tubuh atau kulit kita terkena racunnya, maka akan timbul luka yang rasanya seperti terbakar. Kita akan kesakitan dan merasa tidak nyaman.

Jangan menyentuh tomcat

Oleh sebab itu, jika kamu melihat serangga ini, jangan coba-coba untuk menyentuhnya, ya! Apalagi memencet atau menghancurkannya! Karena serangga ini akan mengeluarkan racunnya yang berbahaya.

Apa yang mesti kita lakukan ketika melihat tomcat?

Kita bisa meniup tomcat ke tempat lain lalu ambil dengan tisu, kertas, atau plastik. Setelah itu buang ke tempat sampah. Selain itu, kita juga bisa menyemprotkan pembasmi serangga supaya tomcat itu mati.

Cara mengobati luka terkena racun tomcat

Jika kamu sudah sempat terkena racun tomcat, kamu bisa mengolesinya dengan salep acyclovir 5%,hydrocortisone 1%, atau salep betamethasone. Salep itu bisa dibeli di apotek. Namun, apabila luka akibat racun tomcat terasa sangat nyeri, kita bisa memeriksakannya ke dokter.