Taman Batu yang Memesona

By Marisa Febrilian, Senin, 10 Juli 2017 | 11:29 WIB
Taman Batu Padalarang (Marisa Febrilian)

Jangan heran, kalau tak menemukan bunga-bunga cantik bermekaran di taman ini. Karena di taman ini, kamu akan melihat beragam bentuk batu kapur, ada yang padat dan juga berongga.

Dasar Laut

Hamparan bebatuan di sini sebenarnya adalah dasar laut yang muncul ke permukaan bumi jutaan tahun lalu. Kemudian membentuk deretan pengunungan yang dikenal sebagai kawasan Karst Cipatat, Padalarang, Bandung Barat. Kawasan Karst Cipatat ini terbentuk sekitar 20-30 juta tahun silam. Pada masa itu, kawasan ini adalah dasar laut laut dangkal.

Batuan kapur yang ada di sana, dibentuk oleh terumbu karang yang berada di dasar laut. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa dulu dataran tinggi Bandung adalah laut dangkal yang kemudian mengering. Laut yang kering itu kemudian menjadi tempat tinggal manusia purba sekitar 9.500 tahun lalu.

Nah, diantara Karst itu, terdapat sebuah taman indah yang dipenuhi bebatuan. Namanya adalah Taman Batu atau Stone Garden. Luas Taman Batu itu sekitar 2 hektar. Tinggi puncaknya sekitar 700 meter di atas permukaan laut.

Karena bebatuan di sini terbentuk secara alami, ukuran dan bentuk setiap batu berbeda-beda dan tak beraturan. Ada bebatuan yang padat dan ada juga bebatuan yang berongga. Bahkan di taman ini, terkadang juga ditemukan bebatuan yang mirip kerangka tulang manusia purba pada zaman dahulu kala. Wow!

Pemandangan Alam

Meskipun hanya bebatuan, pemandangan alam di puncak taman batu sangaaat indah. Untuk menikmati keindahan itu kita harus mendaki dulu. Para pengunjung yang datang harus berhati-hati karena rute menuju puncaknya menanjak dan terjal, Apalagi kalau berkunjung di saat musim hujan. Batu-batu kapur bercampur tanah itu menjadi licin saat terkena air.

Hamparan lembah yang hijau, persawahan, rumah warga, dan kepulan asap dari pabrik tambang batu kapur menjadi pemandangan yang terlihat dari atas puncak. Semakin sore, biasanya semakin banyak pengunjung yang datang sekaligus untuk menikmati matahari tenggelam dari puncak bukit.

Sebelum berkunjung ke Taman Batu, sebaiknya siapkan dulu fisik yang kuat. Supaya tidak kelelahan saat mendaki puncaknya!