Inilah 5 Sumber Kalsium Selain Susu

By Yomi Hanna, Senin, 10 Juli 2017 | 12:27 WIB
Sayur brokoli (Foto: aryanto.id) (Hanna Vivaldi)

Kalsium adalah kandungan yang dibutuhkan tubuh untuk kekuatan tulang dan gigi. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium.

Selama ini, sumber kalsium yang kita tahu adalah berasal dari susu. Namun, selain susu, tahukah kamu makanan atau minuman apa saja yang menjadi sumber kalsium?

1. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang mengandung banyak kalsium. Mengonsumsi bayam bisa membuat tulang kita menjadi lebih kuat.

2. Ikan Ikan yang kaya akan kalsium antara lain: ikan sarden, ikan tuna, dan salmon. Tidak hanya itu, ikan ini juga mengandung vitamin D. Oleh karena itu ikan sangat baik untuk dikonsumsi.

3. Yoghurt Yoghurt dihasilkan dari susu yang difermentasikan. Semua produk susu adalah sumber kalsium yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Yoghurt juga mengandung magnesium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang.

4. Kubis Kubis juga mengandung kalsium dan vitamin K, seperti brokoli, bunga kol, dan lobak.

5. Kacang-kacangan Jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang putih, dan kacang almond mengandung kalsium tinggi yang baik untuk tubuh kita.

Nah, itulah 5 makanan atau minuman yang menjadi sumber kalsium bagi tubuh. Manakah yang paling kamu suka?