Bagaimana Makanan Dicerna?

By willa widiana, Sabtu, 30 September 2017 | 04:30 WIB
Bagaimana Makanan Dicerna? (willa widiana)

Setiap hari kita makan dan minum. Kira-kira... bagaimana cara perut kita mencerna makanan? Lalu, kenapa makanan dan minuman yang kita makan berubah menjadi air pipis dan tinja?

Masuk lambung

Setelah melewati mulut, makanan dan minuman akan masuk ke dalam lambung. Di sini, makanan akan dihaluskan supaya bisa melewati usus. Saat menghaluskan makanan, perut membutuhkan oksigen. Jadi, darah akan mengalir ke perut dan memberikan oksigen.

Selama proses ini kamu jangan terlalu banyak bergerak, ya! Jika kamu langsung bermain setelah makan, perut akan kekurangan oksigen. Hal itu bisa membuat perutmu sakit, lo!

Masuk usus

Setelah melewati lambung, makanan akan masuk ke dalam usus kecil dan usus besar. Usus kecil bertugas mengambil zat makanan dan memasukkannya ke dalam hati. Usus besar bertugas mengambil air dan memasukkannya ke dalam ginjal.

Kalau usus besar sakit (tidak bekerja dengan baik), air yang ada di dalam usus tidak bisa diserap semua. Jika sudah begitu, kita pun akan mencret. Duuhhh semoga usus kita selalu baik, ya...

Dibuang

Air yang masuk ke dalam ginjal akan dialirkan ke kandung kemih. Jika sudah penuh, rasa ‘kebelet pipis’ akan muncul dan kita pun akan mengluarkan air pipis.

Makanan yang kita makan pasti mengandung ampas/zat sisa. Zat sisa itu akan dibuang dalam bentuk tinja.

Nah, Teman-teman, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana makanan dicerna?

Ilustrasi: Ode