Apa Penyebab Mata Kedutan?

By willa widiana, Kamis, 11 Januari 2018 | 03:31 WIB
Kenapa Mata Kedutan? (willa widiana)

Bobo.id - Teman-teman, apakah kamu pernah mengalami kedutan di mata? Jika pernah, kira-kira kamu tahu tidak penyebab mata kedutan?

Refleks

Pak Dave Patel adalah asisten dari seorang profesor ophthalmologist (ahli pengobatan mata). Menurutnya, kedutan di mata merupakan refleks yang terjadi pada kelopak mata.

Refleks ini bertujuan untuk melindungi bola mata dari benda-benda asing. Seperti kita tahu, beberapa benda asing bisa melukai bola mata kita.

Kelelahan dan Kekeringan

Kedutan di mata juga bisa disebabkan oleh kelelahan dan kekeringan. Kelelahan dan kekeringan bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya terlalu lama di depan komputer dan terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman berkafein.

Jika kamu sering menggunakan komputer atau ponsel, usahakan untuk memberikan jeda istirahat yang cukup. Jadi, mata kamu tidak cepat lelah.

Apa yang Harus Dilakukan?

Saat terjadi kedutan, kamu bisa memejamkan mata sejenak.

Setelah itu, kompres dengan kain yang sudah dibasahi air dingin. Selanjutnya, kamu bisa memberikan obat tetes mata. Jika kedutan terus terjadi, kamu bisa pergi ke dokter.

Jangan Dikucek

O iya, Teman-teman, saat mata berkedut, jangan dikucek ya! Tangan kita mengandung banyak bakteri. Saat mengucek mata, bakteri yang ada di tangan bisa pindah ke mata. Selain itu, mengucek mata juga bisa membuat permukaan bola mata tergores.

Ilustrasi: Ode