3 Manfaat Berbagi kepada Sesama

By Yomi Hanna, Kamis, 11 Januari 2018 | 04:07 WIB
Berbagi kepada sesama dapat membuat orang lain dan kita bahagia (Hanna Vivaldi)

Bobo.id - Dari kecil kita sudah diajarkan untuk belajar berbagi kepada saudara ataupun teman.

Tahukah kamu? Ternyata berbagi itu tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, tetapi bagi diri sendiri juga. Kira-kira apa saja manfaatnya bagi diri kita, ya?

1. Membuat perasaan bahagia

Apa yang kita miliki akan berkurang jika kita bagikan kepada orang lain. Namun hal ini bisa membuat kita bahagia. Kenapa? Sebab, ketika menolong orang, otak kita akan memproduksi hormon dopamin.

Dopamin ini adalah hormon yang menghasilkan perasaan bahagia. Hormon ini juga dapat meyakinkan kita bahwa berbagi itu adalah kegiatan yang positif.

Selain hormon dopamin, menolong sesama juga menghasilkan hormon oxytocin yang dapat mengurangi stres, mengingkatkan ketahan tubuh, serta mengembangkan rasa percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain.

2. Menularkan kebaikan

Sikap berbagi dan menolong sesama adalah kegiatan yang baik. Jika kita menolong orang lain, orang tersebut akan merasa senang.

Ini membuat mereka biasanya akan berbuat baik juga kepada yang lain. Begitu seterusnya hingga banyak orang yang dengan senang hati berbagi.

3. Meningkatkan rasa peduli

Menolong dan berbagi akan melatih rasa peduli. Sebagai makhluk sosial, kita perlu menjaga hubungan yang baik dengan sesama.

Jika ada yang sedang membutuhkan, alangkah baiknya kita membantu mereka. Karena hal ini bisa membuat mereka dan kamu sama-sama bahagia.

Perlu diingat, perbuatan baik tidak selalu dibalas dengan kebaikan. Meskipun begitu, jangan berhenti untuk tetap berbuat baik, ya!