4 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh

By Yomi Hanna, Senin, 10 Juli 2017 | 12:33 WIB
Nanas bermanfaat bagi kesehatan tubuh (Hanna Vivaldi)

Nanas adalah buah yang cukup populer dan bisa diolah menjadi sirup, jus, dan selai. Banyak yang suka mengonsumsi buah ini karena rasanya yang manis dan segar.

Setelah mengonsumsi buah nanas, biasanya lagit-langit mulut akan terasa gatal. Kandungan glikosida lah yang menyebabkan seperti itu.  Glikosida bisa merangsang selaput pada rongga mulut. Efek ini memang tidak berbahaya, tetapi bisa membuat mulut menjadi tidak nyaman.

Untuk mencegah efek gatal-gatal di langit-langit mulut, buah nanas dipotong kecil-kecil dan direndam dengan air garam selama 30 menit. Jangan lupa untuk membilas potongan nanas tadi dengan air dingin supaya rasa asinnya hilang.

Manfaat buah nanas

1. Membantu menyembuhkan batuk

Di dalam buah nanas, terdapat enzim bromelain yang dapat melawan infeksi akibat mikroba. Jika kita sedang sakit tenggorokan, cobalah untuk meminum jus nanas. Ini bisa mengobati sakit tenggorokan serta mengurangi jumlah lendir saat batuk.

2. Melancarkan pencernaan

Enzim bromelain dalam buah nanas juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Satu potong nanas bisa mengurangi kembung, mual, dan sembelit. Lalu jus nanas segar juga ternyata bisa menghilangkan cacing usus.

3. Kesehatan mulut

Buah nanas juga mengandung vitamin C yang bisa menjaga kesehatan mulut, menguatkan gusi, dan menjaga gigi kita agar tetap sehat dan kuat. Selain itu, mengonsumsi buah nanas juga bisa mencegah terjadi pengerasan plak gigi dan penyakit gusi lainnya.

4. Memperkuat tulang

Nanas mengandung mineral mangan yang sangat baik untuk membangun tulang dan jaringan ikat. Buah ini bisa memperkuat tulang kita.