Mobil O-R3, Kendaraan Keamanan yang Dapat Mendeteksi wajah

By Yomi Hanna, Selasa, 11 Juli 2017 | 05:34 WIB
Mobil O-R3, kendaraan keamanan yang canggih (Hanna Vivaldi)

Tingkat kejahatan saat ini semakin meningkat. Banyak orang merasa tidak aman jika bepergian sendiri. Oleh sebab itu, perlu sekali meningkatkan sistem keamanan.

Mobil O-R3 mampu mendeteksi tersangka

Kota Dubai di Negara Uni Emirat Arab memperkenalkan robot kemanan terbaru bernama O-R3. Robot ini berbentuk mobil mungil dengan kemampuan mengenali wajah. Robot mobil yang berdesain unik ini dibuat oleh perusahaan robotik asal Singapura bernama OTSAW Digital. Robot mobil O-R3 akan dipakai berpatroli di jalan-jalan Dubai untuk membantu melacak tersangka ataupun penjahat yang masih buron.

Tanpa Pengemudi dan Punya Drone

Robot mobil O-R3 ini tidak memerlukan pengemudi. Ia dikendalikan dari jauh melalui sistem komputer. O-R3 memiliki kamera yang dapat merekam dari sudut 360 derajat. Ia juga dilengkapi dengan drone. Drone ini digunakan untuk mengintai wilayah dan lokasi orang-orang yang tidak dapat dijangkau oleh O-R3 serta kamera CCTV-nya.

Mampu mengisi baterai sendiri

Robot mobil O-R3 dilengkapi dengan alat pengisian baterai otomatis. Jika baterainya habis, maka kendaraan robot ini bisa mengisi dayanya sendiri.

Tentu saja O-R3 ini bukan untuk menggantikan petugas keamanan di sana. Kecanggihan teknologi robot ini justru diharapkan dapat membantu pekerjaan petugas keamanan agar dapat berjalan lebih baik.