Sapi Sono, Sapi Dandan dari Madura

By willa widiana, Minggu, 19 November 2017 | 11:48 WIB
Sapi Sono, Sapi Dandan dari Madura (willa widiana)

Sapi, kok, dandan? Kayak apa, tuuuh? Hahah itu adalah Sapi Sono, Sapi Dandan dari Madura.

Perawatan Seistimewa Ratu

Ya, bukan cuma ratu saja yang butuh perawatan istimewa. Sapi betina Madura juga butuh perawatan istimewa. Sapi itu diberi makanan istimewa. Yaitu ramuan khas berupa telur, kunyit, gula merah, dan jamu sehat Madura.

Sang Sapi juga rajin dimandikan. Sabun yang dipakai juga sabun khusus agar bulu sapi menjadi lembut. Bulu sang sapi juga rapi dipangkas. Badan sapi pun dipijat setiap dua hari sekali.

Hasilnya, sapi bertubuh molek, kulitnya berkilau bersih terawatt, dengan kuku dan tanduk yang rapi terpelihara.

Nah, biarpun sudah cantik begitu, sang sapi masih juga didandani. Diberi kayu perangkai berhias cantik, diberi pakaian beludru merah dengan sulaman benang emas. Plus, lonceng kecil-kecil yang berklentang-klenting saat sapi bergerak.

Latihan Jalan Lenggak-Lenggok

Selain dirawat dan didandani cantik, sang sapi juga diajari cara berjalan! Yap, jalannya enggak boleh sembarangan. Harus gemulai, anggun, kompak dengan sapi pasangannya, dan serasi dengan irama musik!

Sapi Sono

Hmmm... kenapa sebetulnya sapi-sapi betina itu mendapat perlakuan khusus? Karena sapi-sapi itu adalah sapi-sapi pilihan untuk mengikuti kontes sapi sono. Kontes itu semacam kontes kecantikan, tetapi khusus sapi. Sama seperti ratu kontes kecantikan, sapi-sapi itu harus cantik, terawat, dan anggun.

Kontes sapi sono diadakan sebelum karapan sapi. Sono memang diambil dari kata srono dalam bahasa Madura yang artinya masuk. Maksudnya, atraksi sapi-sapi sono bertujuan menyambut tamu di Madura.

Orang Madura terkenal sebagai bangsa yang kasar dan keras. Padahal, enggak, lo! Buktinya, ya, sapi sono ini. Soalnya melatih, merawat, dan mendandani sapi, kan, pasti enggak mudah. Butuh kesabaran, kelembutan, dan ketelatenan, kan!

Teks: Dikha, Foto: Ricky Martin