Berapa Banyak Air Pipis yang Dikeluarkan Paus?

By willa widiana, Selasa, 11 Juli 2017 | 12:58 WIB
Berapa Banyak Air Pipis yang Dikeluarkan Paus? (willa widiana)

Setiap makhluk hidup pasti mengeluarkan kotoran dan air pipis. Bicara soal air pipis, kira-kira berapa banyak air pipis yang dikeluarkan paus? Ada yang tahu?

Bergalon – galon

Menurut penelitian yang ada di Canadian Journal of Zoology, semakin besar ukuran hewan maka semakin banyak juga air pipis yang dikeluarkan.

Paus Sei yang berukuran 18 meter dengan berat 45.000kg, bisa mengeluarkan 166 galon air pipis. Paus Sirip yang berukuran 26 meter dengan berat 72.575kg, bisa mengeluarkan 257 galon air pipis. Jika jumlahnya ratusan ekor, kira-kira berapa ribu galon air pipis paus yang ada di laut?

Bermanfaat

Air pipis paus mengandung nitrogen, fosfor, dan zat besi. Zat itu sangat bermanfaat bagi hewan lain yang tinggal di laut. Bahkan, fitoplankton (organisme kecil) dan ganggang menggunakan air pipis paus untuk membantu proses pertumbuhan mereka.

Fitoplankton dan ganggang merupakan sumber makanan bagi beberapa makhluk hidup yang ada di laut, lo.

Membuang kotoran juga

Selain membuang air pipis, paus juga membuang kotoran, lo. Kotoran paus juga bermanfaat, karena bisa dijadikan sumber makanan bagi beberapa makhluk hidup yang ada di laut.

O iya, Teman-teman, kita harus menjaga keberadaan paus. Jika jumlah paus berkurang, maka sumber makanan pun akan berkurang. Saat jumlah makanan berkurang, maka jumlah makhluk hidup di laut pun akan berkurang.

Sumber: livescience, Foto: publicdomainpictures.net