Kres, Kres, Sruuup… Semangka!

By Marisa Febrilian, Minggu, 1 Oktober 2017 | 04:35 WIB
Semangka, buah segar! (Marisa Febrilian)

Kres, kres, sruuup… Serunya makan semangka yang segar dan renyah. Tahu enggak, kenapa semangka terasa segar dan renyah?

Dari Afrika

Semangka punya nama ilmiah Citrullis lanatus. Buah ini diperkirakan berasal dari Afrika, sekitar 5.000 tahun yang lalu. Salah satu buktinya adalah penemuan fosil biji-biji semangka di sebuah tempat yang berusia 5.000 tahun di Libya, Afrika Utara.

Warna-Warni

Diperkirakan ada 600-1.200 jenis semangka di dunia. Aneka jenis semangka itu tidak hanya berwarna merah. Ada juga yang berwarna pink, oranye, kuning, dan putih. Menurut para ahli, semangka merah yang paling banyak mengandung zat gizi.

Zat Gizi

Apa saja zat-zat gizi yang terkandung di dalam semangka? Ada vitamin C, vitamin A, zat besi, zat seng, dan lainnya. Ada pula zat lycopene dan citrulline yang berfungsi melancarkan sistem peredaran darah di dalam tubuh. Kamu tahu, kan, peredaran darah sangat penting untuk mengangkut oksigen dan zat-zat di dalam tubuh.    

Banyak Air

Kenapa, ya, semangka terasa segar dan renyah? Semangka terasa segar dan renyah karena mengandung banyak air. Kira-kira 92% dari isi semangka adalah air. Wah, banyak banget, ya! Konon, orang Mesir mulai menanam semangka sekitar 4.000 tahun yang lalu karena mereka suka pada kandungan airnya. Sruuup!  

Semakin berat semangka, semakin banyak airnya. Itu juga tandanya semangka sudah matang dan siap di… kres, kres, sruuup!

Teks : Lita Maha