Kenapa Kehujanan Bisa Membuat Kita Sakit?

By Yomi Hanna, Jumat, 1 Desember 2017 | 10:05 WIB
Proses Terjadinya Hujan (Hanna Vivaldi)

Di saat musim hujan, sebaiknya kita selalu siap sedia membawa payung agar tidak kehujanan. Karena seperti yang kita tahu, kehujanan bisa membuat kita sakit. Kenapa bisa begitu, ya?

1. Serangan suhu dingin yang tiba-tiba

 Saat kehujanan, serangan suhu dingin yang tiba-tiba bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun yang menyebabkan virus dapat menular dan menyebar lebih cepat. Selain itu, kehujanan juga bisa menyempitkan pembuluh darah.

2. Suhu di kepala menjadi lebih dingin

Air hujan yang mengenai kepala biasanya dapat menyebabkan sakit kepala. Ini karena suhu di daerah kepala menjadi lebih dingin, tubuh kita otomatis mengeluarkan energi yang lebih besar untuk mengurangi rasa dingin tersebut.  Sehingga kepala kita akan terasa pusing.

3. Hujan bersifat asam

Hujan yang turun juga bersifat asam, karena mengandung gas yang ada di udara. Ini yang bisa membuat kita menjadi sakit ketika kehujanan. Bahkan ketika gerimis atau hujan yang rintik-rintik, membuat tingkat keasamannya menjadi lebih besar. Inilah kenapa katanya terkena gerimis bisa lebih berbahaya dari pada terkena hujan deras.

Jenis penyakit akibat kehujanan

Beberapa penyakit yang muncul akibat kehujanan adalah sakit kepala atau pusing, flu, serta penyakit menular lainnya. Jika tubuh basah dan pakaian lembab akibat hujan, bisa membuat gatal-gatal dan jamur di kulit.

Apa yang harus kita lakukan ketika kehujanan?

Segera ganti pakaian yang basah supaya suhu tubuh kita tidak semakin dingin. Setelah itu bilaslah rambut dengan air untuk menghilangkan gas yang bersifat asam tadi.