Bokkoi, Primata dari Indonesia

By willa widiana, Selasa, 11 Juli 2017 | 11:53 WIB
Beruk, Primata dari Indonesia (willa widiana)

Endemik

Hewan yang memiliki nama panggilan Boko atau Bokkoi ini tersebar di Kepulauan Mentawai, lepas pantai barat Sumatra. Mereka adalah primata endemik dari daerah itu.

Hewan ini bisa kamu temui di hutan bakau, hutan pantai, hutan sekunder, dan hutan primer yang ada di Pulau Paga Selatan, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Sipora di Kepulauan Mentawai, Sumatra.

Bokkoi adalah beruk (genus: Macaca) yang merupakan salah satu primata yang hidup di Indonesia. Dalam bahasa Inggris, hewan ini disebut pig-tailed macaque, karena ekornya melengkung mirip ekor babi.

Beruk atau Bokkoi ini memiliki perbedaan dengan beruk jenis lainnya. Perbedaan itu terletak pada rambut di bagian pipinya yang lebih gelap dari beruk lain. Selain itu, mahkota pada bokkoi berwarna cokelat dan rambut di bagian dahinya juga lebih panjang dari beruk jenis lain.

Habitat dan Aktifitas

 

Bokkoi adalah hewan pemakan segala, mulai dari dedaunan, bunga, biji-bijian, dan buah-buahan. Hewan ini biasanya mencari makan secara berkelompok.

Hewan yang aktif di siang hari (diurnal) ini hidup secara berkelompok. Biasanya, satu kelompok terdiri dari lima hingga dua puluh lima ekor bokkoi. Setiap kelompok akan dipimpin oleh seekor bokkoi jantan yang kuat dan paling dominan.

Beruk biasa hidup di atas pohon dengan ketinggian 24 hingga 36 meter. Selain itu, hewan ini juga suka dengan air. Kesukaannya terhadap air terbilang unik, karena kebanyakan primata tidak terlalu suka menghabiskan waktunya dengan air.

Teks: Willa, Foto: Creative Commons