Salina Turda, Tambang Garam Tua yang Mendunia

By Iveta Rahmalia, Rabu, 12 Juli 2017 | 11:17 WIB
Salina Turda, Tambang Garam Tua yang Mendunia. (Iveta Rahmalia)

Tambang garam ini sudah dibangun sejak ribuan tahun yang lalu. Pembuatannya dilakukan dengan menggunakan peledak. Wah, kok bisa, ya?

900 Tahun Menambang Garam

Tambang garam tua ini bernama Salina Turda. Letaknya ada di Turda, sebuah kota di Transylvania, Romania. Tambang garam ini dibangun sedalam 122 meter. Salina Turda pernah menjadi tempat penambangan garam hingga sekitar 900 tahun lamanya. Waaah… lama sekali, ya! Sayangnya, di tahun 1932, Salina Turda ditutup karena persediaan garam semakin sedikit.

Berubah Menjadi Museum

60 tahun kemudian, Salina Turda dibuka kembali. Tempat penambangan garam ini dianggap unik dan sayang jika tidak digunakan lagi. Maka disulap lah tambang garam tua ini menjadi sebuah museum. Di museum ini ada informasi sejarah dari tambang garam Salina Turda, foto-foto penambang di masa lalu, dan sisa-sisa penambangan.

Selain menyimpan sejarah, Salina Turda juga menyediakan terapi yang menggunakan garam sebagai bahan utamanya, lo! Namanya Haloteraphy. Terapi garam ini bisa membantu menyembuhkan masalah pernapasan dan kulit.

Terbagi Menjadi Tiga Bagian

Tambang garam yang luas ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu Losif Mine, Terezia Mine, dan Rudolf Mine. Losif Mine berbentuk kerucut dengan kedalaman 122 meter. Terezia Mine juga tak kalah unik, bagian ini memiliki kedalaman 112 meter dan memiliki sungai bawah tanah. Lalu ada Rudolf Mine, yang memiliki kedalaman 42 meter. Untuk mencapai bagian Losif Mine dan Terezia Mine, pengunjung perlu menaiki lift. Sedangkan untuk untuk Rudolf Mine, pengunjung bisa menuruni tangga sebanyak 13 lantai.

Sekarang, Salina Turda terus dirawat dan menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi.