Scarlet Macaw, Si Burung Warna-warni

By Iveta Rahmalia, Rabu, 12 Juli 2017 | 12:44 WIB
Scarlet Macaw, Si Burung Warna-warni. (Iveta Rahmalia)

Burung yang satu ini punya warna yang indah, warna bulunya berwarna-warni. Keren, ya? Dia adalah scarlet macaw.

Macaw Warna-warni

Scarlet macaw atau ara macao termasuk ke dalam keluarga burung nuri yang berasal dari Amerika Selatan.  Burung ini punya tiga warna bulu, yaitu merah, kuning, dan biru. O iya, ada juga beberapa scarlet macaw yang punya tambahan warna hijau.

Dinamakan scarlet, karena warna bulunya yang kebanyakan berwarna merah. Scarlet dalam bahasa Inggris merupakan warna merah keoranye-oranyean. Burung ini termasuk ke dalam jenis burung nuri neotropik yang biasa disebut macaw.

Burung Nasional

Burung warna-warni ini tersebar dari tenggara Meksiko sampai Hutan Amazon di bagian Peru, Bolivia, dan Brazil. Mereka tinggal di ketinggian 500 – 1000 meter. Karena keindahannya, scarlet macaw menjadi burung nasional Honduras. Honduras adalah salah satu negara yang berada di Amerika Tengah.

Kehidupan Scarlet Macaw

Scarlet macaw bisa hidup sampai 75 tahun di penangkaran, tapi rata-rata hanya mencapai 40 sampai 50 tahun. Panjang scarlet macaw sekitar 81 sentimeter dengan berat rata-rata 1 kilogram. Scarlet macaw yang masih muda memiliki mata yang hitam, sedangkan yang dewasa memiliki mata kuning terang.

Sekali bertelur, Induk scarlet macaw bisa bertelur sebanyak 3 atau 5 telur. Lalu ia akan mengerami telur-telurnya selama  lima minggu. Anak-anak scarlet macaw mulai hidup sendiri tanpa orangtuanya setelah berusia 1 tahun.

Makanan kesukaannya adalah buah-buahan, kacang-kacangan, dan dedaunan.