2 Fakta Tentang Kuku

By willa widiana, Rabu, 12 Juli 2017 | 10:08 WIB
2 Fakta Tentang Kuku (willa widiana)

Coba perhatikan jarimu! Apakah kukunya sudah panjang? Jika sudah, jangan lupa untuk dipotong, ya!  Bicara soal kuku, Bobo jadi ingat dengan 2 fakta tentang kuku, nih.

Fakta 1 – Terus tumbuh

Kuku adalah bagian kulit yang mengeras. Meski usia kita sudah tua, kuku akan terus tumbuh. Kuku berasal dari akar kuku yang ada di bawah permukaan kulit. Jika akar kuku lepas, dibutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menumbuhkan akar kuku yang baru.

Di bagian bawah kuku ada lengkungan berwarna putih. Itu adalah kuku baru. Jika sudah waktunya, ia akan tumbuh dan menggantikan kuku yang sudah dipotong. Lengkungan putih ini biasanya tidak terlihat saat kita sedang sakit.

Fakta 2 – Dipengaruhi cuaca

Kuku bisa tumbuh sepanjang 2 milimeter dalam waktu 10 hari. Pertumbuhannya bisa lebih cepat jika berada di cuaca panas. Bagaimana dengan cuaca dingin? Di cuaca dingin, kuku akan tumbuh lebih lama.

Pertumbuhan kuku anak-anak lebih cepat, daripada kuku orang dewasa. Nah, karena lebih cepat tumbuh, kamu harus rajin memotong kuku. Jika tidak, kuman yang ada di sekitar kita akan berdiam diri di sana.

Selain menjadi sarang kuman, kuku yang terlalu panjang juga bisa menganggu aktivitasmu, lo. Jadi, selalu potong kuku dan jaga kebersihannya, ya!

Nah, Teman-teman, itulah 2 fakta tentang kuku yang Bobo ketahui! Jika kamu tahu fakta lain, jangan lupa berbagi dengan Bobo, ya!

Ilustrasi: Ode