Nanda Devi, Lembah Penuh Bunga

By Sylvana Toemon, Rabu, 12 Juli 2017 | 11:35 WIB
Nanda Devi, lembah penuh bunga (Sylvana Toemon)

Sepanjang mata memandang di lembah ini, terhampar bunga-bunga yang indah. Bunga-bunga itu beraneka warna dan rupa. Lembah Nanda Devi yang  indah ini juga menyimpan banyak cerita.

Cerita Ramayana

Menurut legenda India dalam cerita Ramayana, lembah ini adalah tempat Hanoman mencari tumbuhan Sanjeevani untuk menyembuhkan Laksmana. Sanjeevani adalah tumbuhan yang dapat mengobati segala macam penyakit maupun luka. Sayangnya Hanoman tidak dapat menemukan tumbuhan itu. Kemudian ia membawa seluruh pegunungan itu ke medan perang, tempat Laksmana terluka.

Kelestarian terjaga

Lembah itu bernama Nanda Devi yang dialiri Sungai Pushpawati. Nanda Devi adalah lembah subur di Uttarakhand, India, yang terletak di Pegunungan Himalaya bagian barat. Di lembah ini tumbuh banyak sekali jenis bunga yang berwarna-warni. Wah, pantas saja Hanoman bingung, ya! Ada ratusan jenis bunga di tempat ini. Beberapa di antaranya termasuk tumbuhan langka.

Bunga-bunga itu tumbuh alami di tempat sejuk ini. Perjalanan menuju lembah indah ini tidak mudah. Tidak ada manusia yang tinggal di sekitar area ini. Itu membuat kelestariannya makin terjaga. Lembah indah ini menjadi tempat tinggal beruang hitam, macan tutul salju, beruang cokelat, dan rubah merah.

Saat ini, wisatawan boleh mengunjungi tempat ini. Namun mereka harus sudah meninggalkannya sebelum pukul 17.00 karena alasan keamanan.