Melanin, Alat Pelindung dan Pemberi Tanda

By willa widiana, Sabtu, 15 Juli 2017 | 04:36 WIB
Berjemur di bawah sinar matahari bisa membuat kita memiliki bercak hitam. (willa widiana)

Melanin adalah zat yang ada di dalam tubuh, tepatnya di bawah permukaan kulit. Melanin adalah alat pelindung dan pemberi tanda di tubuh.

Melindungi kulit

Saat berjemur di bawah matahari, kulit kita akan berubah menjadi gelap. Warna gelap itu adalah melanin yang ada di bawah permukaan kulit. Kamu jangan kesal dengan hal itu, ya! Tanpa melanin, kulit kita akan rusak dan sakit saat terkena sinar matahari.

Membentuk tahi lalat

Apakah kamu punya tanda tubuh, seperti tahi lalat? Ternyata... tahi lalat adalah zat melanin yang terkumpul di satu tempat, di tubuh kita.  Tahi lalat itu bermacam-macam. Ada yang kecil, lebar, dan ada yang menyembul. Sampai sekarang, belum ada yang tahu kenapa tahi lalat bisa menyembul di atas permukaan kulit.

Tahi lalat biasanya muncul saat kita berusia tiga atau empat tahun. Namun, ada juga anak yang memiliki tahi lalat sejak dilahirkan.  O iya, tahi lalat tidak akan hilang, meski kita menua.

Membentuk bintik

Selain tahi lalat, melanin yang berkumpul di tubuh kita juga bisa membentuk bercak hitam. Berbeda dengan tahi lalat, bercak hitam bisa hilang seiring bertambahnya usia. O iya, berjemur di bawah sinar matahari bisa membuat kita memiliki bercak hitam, lo.

Itulah sekilas cerita tentang melanin, alat pelindung dan pemberi tanda di tubuh kita.

Ilustrasi: Melisa