Status Orang Utan Kalimantan : Terancam Punah

By willa widiana, Sabtu, 15 Juli 2017 | 04:39 WIB
Orang utan Kalimantan terancam punah (willa widiana)

Pada bulan Juli 2016,  Orang utan Kalimantan ditetapkan sebagai hewan yang terancam punah. Sayang sekali, ya! Padahal, Orang Utan Kalimantan merupakan salah satu hewan kebanggan Indonesia.

Status orang utan Kalimantan ini ditetapkan oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN), yaitu organisasi internasional yang bergerak di bidang konservasi alam. IUCN menetapkan status hewan-hewan di dunia dari data-data yang ditelah diteliti.  

IUCN menetapkan orang utan Kalimantan terancam punah karena adanya perburuan dan hilangnya habitat orang utan di hutan-hutan di Indonesia dan Malaysia. Habitat orang utan Kalimantan berkurang atau hilang karena adanya penebangan hutan, kebakaran hutan, dan perubahan hutan menjadi pemukiman penduduk.

Hiks… Sedih juga si Pongo pygmaeus dinyatakan terancam punah. Padahal, hewan ini punya peran penting, lo, di hutan. Ia bertugas menyebar benih tumbuhan dan membuka celah agar sinar Matahari bisa menyusup masuk ke hutan tropis yang lebat dengan cara membuat sarang di pepohonan.

Semoga berbagai usaha yang dilakukan organisasi-organisasi dan orang-orang yang memperhatikan lingkungan, orang utan Kalimantan bisa diselamatkan dari kepunahan. Yuk, mulai dari sekarang, kita berlatih menyayangi alam, agar flora dan fauna kita lestari.

Teks: Lita, Sumber data : WWF Indonesia