Gedung Kantor, Ramah Lingkungan

By Marisa Febrilian, Sabtu, 15 Juli 2017 | 04:48 WIB
Ventilasi gedung ini menggunakan kayu daur (Marisa Febrilian)

Sebuah gedung perkantoran di Melbourne ini disebut sebagai bangunan hemat energi, lo. Seperti apa, ya bentuknya?

Gedung Pemerintah

Gedung perkantoran ini bernama  Council House 2 (CH2), dibangun pada April 2005. Gedung hijau ini berada di pusat kota, di jalan Little Collins kota Melbourne, Australia. Pada Agustus 2006, gedung CH2 ini resmi dibuka dan digunakan sebagai gedung perkantoran Pemerintah kota Melbourne.

Gedung Hemat Energi

Gedung CH2 mendapat julukan ‘Six Star Green Building’. Soalnya gedung ini sudah dilengkapi dengan teknologi ramah lingkungan, mulai dari sistem pemanasan, sistem pendinginan, dan juga sistem airDengan teknologi canggih ini, gedung ini bisa menghemat energi sampai 80%, lo. Wow, jadi ramah lingkungan, ya!

Pencahayaan Alami

Gedung ini menggunakan pencahayaan alami yang berasal dari jendela besar yang ada di setiap ruangannya. Langit-langit gedung dibuat bergelombang, agar hemat penggunaan lampu di setiap ruangan. Di dalam langit-langit itu dipasang juga sebuah panel yang berfungsi sebagai pendingin

Ventilasi gedung CH2 terbuat dari kayu daur ulang. Ventilasi ini berfungsi untuk menyalurkan udara dan melindungi kaca jendela bangunan. Ventilasi ini juga dilengkapi dengan sistem sel surya. Setiap jam 4 sore, ventilasi kayu ini bisa terbuka otomatis.

Air Daur Ulang

Gedung CH2 mempunyai 5 menara air atau yang disebut Shower Tower. Masing-masing menara air ini memiliki diameter 1.4 m, dan tinggi 17 m. Fungsinya sebagai saluran air yang sudah didaur ulang. Karena menggunakan air daur ulang, gedung ini jadi tidak boros air, walau di setiap lantai gedung ini ditanami tanaman hijau yang harus selalu disiram. Tanaman hijau juga terdapat  di balkon dan di atap gedung.

Keren, ya, gedung di kota Melbourne ini. Kalau gedung-gedung di seluruh dunia dibuat ramah lingkungan seperti ini, mungkin bumi kita bisa lebih sehat!