Intip Berang-berang Membangun Rumah, Yuk!

By willa widiana, Selasa, 18 Juli 2017 | 06:13 WIB
Untuk masuk ke rumahnya, berang-berang harus melewati pintu rahasia yang ada di dalam air. (willa widiana)

Berang-berang adalah mamalia semi-aquatik. Artinya, ia tinggal di darat, tapi banyak menghabiskan waktu di air. Makanan kesukaannya adalah ikan dan kerang.

Serigala dan anjing liar adalah musuh berang-berang. Untuk menghindari musuhnya, berang-berang pun membangun rumah yang unik. Kita intip, yuk, bagaimana berang-berang membangun rumah!

Membuat bendungan

Sebelum membangun rumah, berang-berang akan membuat bendungan lebih dulu. Bendungan itu terbuat dari cabang-cabang pohon dan lumpur yang ditumpuk secara rapi. O iya, bendungan yang dibuat berang-berang masih memiliki celah. Jadi, aliran airnya masih bisa mengalir secara perlahan.

Membuat rumah

Setelah membuat bendungan, berang-berang mulai membuat rumah di tengah danau atau sungai yang sudah ia bendung. Rumahnya terbuat dari batang pohon dan lumpur yang disusun menjadi sebuah kubah. Di dalam kubah itu ada tempat tidur yang kering dan nyaman. Nah, di sana lah berang-berang tinggal bersama keluarganya.

Pintu rahasia

Untuk masuk ke rumahnya, berang-berang harus melewati pintu rahasia yang ada di dalam air. Untuk melewati pintu ini, berang-berang harus menyelam lebih dulu. Dengan pintu rahasia ini, para pemangsa atau musuh berang-berang akan kesulitan menangkapnya.

Kotak Fakta:

Berang-berang membuat rumah di tengah danau atau sungai untuk menghilangkan baunya. Jika berang-berang membuat rumah di darat, bau tubuhnya akan tercium dengan mudah oleh serigala dan anjing liar.

Ilustrasi: www.dkfindout.com