Yuk, Kenalan dengan Penguin Gentoo!

By willa widiana, Selasa, 7 November 2017 | 08:31 WIB
Penguin Gentoo, Si Perenang Handal (willa widiana)

Meski badannya besar, penguin gentoo sangat lincah berenang di perairan Antartika. Yuk, kenalan dengan penguin gentoo!

Penguin Terbesar Ketiga

Penguin gentoo dikenali dari paruhnya yang berwarna orange menyala dan bulu putih menyolok di kepalanya. Tinggi penguin gentoo rata-rata 76 cm dengan berat 5,5 kg. Waah, besar juga, ya, tubuhnya! Tak heran jika penguin gentoo menduduki posisi penguin terbesar ketiga di dunia, setelah penguin kaisar dan penguin raja.

Menjaga Telur Bergantian

Hewan ini hidup berkelompok. Dalam satu kelompok, anggotanya bisa mencapai ribuan penguin. Wow! O iya, penguin gentoo juga punya kebiasaan yang unik. Ketika mengerami telur, pasangan penguin akan bergantian menjaga telur dan mencari makan. Mereka juga membangun sarang dari batu, rumput, lumut, dan bulu. Setelah satu bulan, telur akan menetas dan anak penguin menghabiskan satu bulan lagi di dalam sarang.

Perenang yang Andal

Meski badannya besar, penguin gentoo licah berenang, lo. Mereka adalah perenang yang andal. Dengan tubuh yang kuat dan sirip yang berbentuk dayung, penguin gentoo dapat berenang dengan kecepatan 36 km/jam. O iya, Penguin Gentoo dapat menahan napas di bawah laut selama 7 menit dan menyelam hingga kedalaman 200 meter. Hebat, kan! Penguin gentoo dewasa menghabiskan waktu mereka untuk berburu. Mereka bisa menyelam sebanyak 450 kali dalam sehari untuk mencari makanan. Ikan, cumi-cumi, dan udang krill merupakan makanan kesukaan mereka.

Sayangnya, saat ini penguin gentoo dinyatakan sebagai hewan yang terancam punah. Mereka sering diburu untuk diambil minyak dan kulitnya.

Teks: Carla Sherlita, Sumber foto: Creative Commons