Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Genggaman Tangan

By Sylvana Toemon, Selasa, 18 Juli 2017 | 08:00 WIB
Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (Sylvana Toemon)

Apakah kamu sering bingung saat memilih kata yang akan digunakan? Yang benar antri atau antre? Apotik atau apotek? Nah, perlu kamus untuk mencari kata yang benar. Padahal kamus itu tebal dan berat. Ssst… Sekarang tidak begitu lagi, lo. Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat kamu lihat dalam genggaman tanganmu.

Aplikasi di telepon pintar

Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat diunduh dalam bentuk aplikasi di telepon pintarmu. Aplikasi ini adalah aplikasi resmi dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pengunaan kamus ini mudah, kok. Untuk mencari arti kata, tinggal klik ikon cari yang berbentuk kaca pembesar. Selain untuk mencari arti kata, aplikasi kamus ini juga dapat menjadi sarana belajar berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

5 kategori

Kamus ini terdiri dari 5 kategori untuk memudahkan pencarian, yaitu kategori Bahasa, Bidang, Kelas Kata, Ragam dan Jenis. Kategori “Bahasa” berisi kata-kata yang berasal dari bahasa lain namun telah diserap menjadi bagian Bahasa Indonesia. Kategori “Kelas Kata” menunjukkan kata berdasarkan kelasnya seperti nomina (kata benda) dan verba (kata kerja). Kategori “Bidang” berisi pembagian kata berdasarkan bidangnya, misalnya dalam bidang komputer atau olahraga. Ada pula kategori “Ragam” yang membedakan penggunaan ragam kata sehari-hari. Kategori “Jenis Kata” memudahkan kita untuk mengetahui kata dasar, kata turunan, kiasan, peribahasa, dan ungkapan kata.

Dengan adanya kamus ini, kamu tidak perlu bingung lagi memilih kata yang tepat. Apakah kamu sudah mengunduhnya?