Buah dan Sayuran, Makanan Anti Galau

By Marisa Febrilian, Jumat, 1 Desember 2017 | 09:35 WIB
Zat gizi di dalam sayuran dan buah-buahan bisa mengusir rasa galau, lo! (Marisa Febrilian)

Sst! Rajin makan buah dan sayur tak hanya baik untuk kesehatan saja, lo. Makanan ini bisa mengusir rasa galau. Wah, benarkah begitu?

Kesehatan Mental

Berdasarkan penelitian, rutin makan sayur dan buah-buahan tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan. Sayur dan buah juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Para peneliti di University of Otago, mengungkapkan hasil penelitian mereka. Dari penelitian mereka, perbandingan orang yang rutin makan buah dan sayur setiap hari memiliki suasana hati yang lebih baik. Mereka juga memiliki semangat hidup dan motivasi tinggi dibanding yang tidak atau kurang makan sayur. Buah dan sayuran seperti wortel, buah kiwi, apel, dan jeruk adalah contoh buah dan sayur yang dapat mengusir rasa galau.

Lebih Bahagia

Berdasarkan The United States Departement of Agriculture (USDA), menyarankan untuk makan sayur 2 ½ cangkir sayur ditambah dengan 2 cangkir buah dalam sehari. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, orang yang rutin makan buah dan sayur seperti brokolo atau buah apel akan berpengaruh besar pada tingkat kebahagiaan seseorang. Para peneliti menduga, hal itu disebabkan karan manfaat dari nutrisi dalam buah dan sayur, seperti folat yang dapat mengurangi depresi, lalu karoten yang bermanfaat sebagai penyeimbang mikroorganisme di dalam usus yang mungkin berhubungan dengan kebahagiaan. Makan buah dan sayur dengan porsi yang disarankan akan lebih cepat berpengaruh dengan kebahagiaan, daripada dengan kesehatan fisik.

Wah, ternyata selain bermanfaat untuk kesehatan, rupanya buah dan sayur bisa bikin kita lebih bahagia. Yuk makan sayur dan buah, jangan ditunda-tunda, ya!