Panda Qinling, Si Panda Cokelat

By Vanda Parengkuan, Selasa, 18 Juli 2017 | 12:15 WIB
Panda Berbulu Cokelat (Vanda Parengkuan)

Siapa bilang panda hanya berbulu hitam dan putih. Ternyata, ada juga panda yang berbulu cokelat!

Si Cokelat dari Qinling

Panda berbulu cokelat itu adalah Ailuropoda melanoleuca qinlingensis. Panggilannya, panda Qinling. Qinling adalah pegunungan di Propinsi Shaanxi, Tiongkok. Di sanalah, hidup panda berbulu cokelat.

Beda dari Panda Hitam Putih

Panda Qinling berbeda dari panda hitam putih. Selain warna bulunya yang cokelat, panda Qinling juga berbeda karena memiliki tengkorak yang lebih kecil dan gigi geraham yang lebih besar.   

Penyebab Bulu Cokelatnya

Kenapa bulunya berwarna cokelat? Ternyata, itu masih misteri. Para ahli belum tahu pasti penyebab warna bulunya yang cokelat. Namun, mereka memperkirakan penyebabnya adalah gen dan keadaan lingkungan di Pegunungan Qinling.

Qizai yang Dipelihara   

Panda Qinling jarang sekali terlihat di alam liar. Namun, jika ingin melihatnya, ada seekor panda cokelat yang dipelihara di Foping Panda Valley di Propinsi Shaanxi, Tiongkok. Namanya Qizai. Ia dulu ditemukan sewaktu berumur 2 bulan. Sekarang, umurnya 7 tahun dan berat badannya lebih dari 100 kg. Qizai makan sekitar 20 kg bambu setiap hari, lo!      

Gemas enggak, sih, melihat panda cokelat? Bulu cokelatnya membuatnya tampak seperti boneka! Hmm, menurutmu, lebih menggemaskan panda cokelat atau panda hitam putih?

Teks : Lita Maha   

Foto : creativecommons.org