Tabuhan Raksasa, Musuh Besar Lebah Madu

By Vanda Parengkuan, Selasa, 18 Juli 2017 | 12:30 WIB
Tabuhan Raksasa Si Tawon Bertopeng (Vanda Parengkuan)

 

Dari Jepang, datanglah serangga raksasa yang perkasa. Apakah itu pahlawan super Kamen Rider?! Oho, bukan. Serangga raksasa ini adalah tabuhan terbesar di dunia, Vespa mandarinia!

Raksasa dari Asia  

Tabuhan termasuk keluarga tawon. Nah, tabuhan terbesar di dunia adalah Vespa mandarinia, yang juga dijuluki tabuhan raksasa dari Asia. Tabuhan raksasa hidup di Asia Timur, yaitu di Tiongkok, Korea, Taiwan, India, Nepal, dan sebagainya. Namun, paling banyak hidup di hutan-hutan pegunungan di Jepang. 

Tubuh Raksasa

Sesuai dengan julukannya, tabuhan raksasa memang raksasa ukurannya. Panjang tubuhnya bisa lebih dari 5 cm. Rentang sayapnya sekitar 7 cm. Tubuh raksasanya semakin terlihat perkasa dengan kepalanya yang berwarna oranye dan tubuhnya yang bergaris-garis hitam dan oranye.

8 Jenis Racun

Lebah madu yang menyengat akan langsung mati karena duri penyengatnya terlepas. Nah, hal itu berbeda dengan tabuhan raksasa yang tidak mati setelah menyengat, karena ia tidak punya duri penyengat. Jadi, tabuhan raksasa dapat menyengat berkali-kali. Ketika menyengat, ia memasukkan racunnya yang terdiri atas 8 jenis zat kimia yang berbeda!  

Musuh Besar Lebah Madu

Tabuhan raksasa adalah musuh besar lebah madu. Ya, tabuhan raksasa selalu memburu sarang lebah madu untuk mendapatkan larva lebah madu. Demi mendapatkan larva lebah madu, tabuhan raksasa tega menyerbu sarang lebah madu sampai hancur. Kawanan tabuhan raksasa menyerang habis-habisan kawanan lebah madu. Seekor tabuhan raksasa diperkirakan dapat menyerang 40 ekor lebah madu dalam waktu 1,5 menit!

Sekitar 30 ekor tabuhan raksasa dapat mengalahkan 30.000 lebah madu dalam beberapa jam saja. Ternyata, itu bukan karena sengatannya yang beracun. Tetapi, itu karena gigitannya yang mematikan! 

Teks: Lita Maha    

Foto : creativecommons.org