5 Hewan Transparan

By willa widiana, Rabu, 19 Juli 2017 | 08:21 WIB
Larva belut moray (willa widiana)

Ada hewan yang berwarna gelap, ada juga yang berwarna terang. Bahkan, hewan transparan juga ada, lo. Kira-kira... hewan apa saja yang memiliki tubuh transparan? Kita cari tahu, yuk!

Larva Belut Moray

Larva belut moray memiliki tubuh yang transparan, tipis, dan berlendir. Tubuh transparan itu disebabkan oleh jumlah sel pembuat warna yang sangat sedikit. Karena tidak memiliki warna, larva belut moray pun bisa meloloskan diri dari predator dengan mudah.

Ketika dewasa, belut moray akan berubah dan memiliki warna. Saat proses perubahan berlangsung, belut moray akan mencari lubang koral untuk ditinggali. O iya, belut ini bisa kamu temukan di pesisir Atlantik Barat.

Kupu-kupu Sayap Kaca

Bagian luar sayap kupu-kupu kaca (glasswing butterfly) dipenuhi oleh sisik berwarna cokelat dan putih. Tetapi, bagian tengahnya terbuat dari membran. Membran ini tidak bisa memantulkan cahaya, sehingga tampak transparan. Kupu-kupu unik ini bisa ditemukan di Chili. O iya, mereka suka bermigrasi ke daerah Meksiko dan Texas.

Ikan Mata Laras

Namanya ikan mata laras. Orang-orang juga mengenalnya dengan sebutan barreleye atau spook fish. Ikan yang hidup di laut dalam ini memiliki tubuh berwarna hitam dan kepala transparan. Karena transparan, ikan ini pun bisa melihat mangsanya dari beragam sudut. Keren, ya!

Cumi-cumi Kaca

Tubuhnya memang transparan, tapi cumi-cumi ini punya sel pembuat warna. Sel pembuat warna itu digunakan untuk mengubah tubuhnya menjadi warna merah.

Katak Kaca

Sesuai namanya, katak ini punya tubuh yang transparan seperti kaca. Katak ini semakin unik dengan dua buah mata yang bisa menatap ke depan dan bagian bawah tubuhnya. Katak ini tinggal di dedaunan di hutan Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Nah, Teman-teman, itulah 5 hewan transparan yang Bobo ketahui. Apakah kamu pernah melihat salah satunya?

Sumber: nationalgeographic.co.id, Foto: Creative Commons, mbari.org