Ini Ikan, Bukan Buaya

By YANTI, Rabu, 19 Juli 2017 | 07:15 WIB
Kalau yang ini namanya Spotted gar (YANTI)

Ini ikan bukan buaya. Namun, ikan ini sering disebut ikan buaya. Ia punya tubuh dan moncong panjang, seperti buaya.

Bukan Buaya Ikan ini termasuk dalam keluarga garfish. Ia disebut ikan buaya atau ikan aligator, karena bentuk tubuhnya yang mirip buaya. Konon, ikan ini berasal dari benua Amerika. Di sana ikan buaya hidup di sela-sela tumbuhan di sungai-sungai. Jenisnya terdiri dari beberapa jenis. Ada jenis, yang kulitnya bertotol hitam, dan ada juga yang moncongnya sangat panjang. Walaupun seperti buaya, banyak orang yang menjadikan ikan buaya ini jadi ikan hias. Mm, ini dia beberapa jenis ikan buaya yang sering dijadikan ikan hias: Spotted Gar, Longnose Gar, Spotnose Gar, dan Aligator Gar.  Ssst, ikan ini bisa tumbuh sampai panjangnya 3 meter, lo! Ck..ck..

Suka daging Yup, ikan ini termasuk binatang karnivora atau pemakan daging. Jadi, hati-hati buat binatang atau ikan kecil, yang hidup bersama di akuarium. Ikan-ikan kecil itu bisa dengan mudahnya jadi santapan ikan buaya. Ups… Ikan-ikan kecil, udang, jangkrik, atau belalang adalah makanan kesukaannya. Eh, ikan buaya ini dikenal rakus, lo! Padahal sebenarnya ia bisa juga tahan berhari-hari tanpa makan. Namun, kalau di sekitarnya terdapat banyak makanan, ia bisa makan banyak dan terus menerus.

Fakta Ikan Buaya

Ikan air tawar terbesar di Amerika Utara. Termasuk ikan purba. Punya gigi yang panjang, tipis, dan runcing. Sisik di tubuhnya sangat kasar.